oleh

Kasihan Bayi 18 Bulan Dipenjara, LKBH Makassar Ajukan Penangguhan Penahanan Ibunya ke Kapolres Gowa

GOWA, koranmakassarnews.com — Gara-gara ibunya ditahan akibat kasus penganiayaan, seorang bayi laki-laki umur 18 bulan ikut dipenjara bersama ibunya, Saenab Binti Jumardi. Hal ini dibenarkan oleh pihak Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Makassar yang menjadi pendamping hukumnya.

“Benar sekali, bayi pria 18 bulan tersebut ikut ditahan sudah 7 hari bersama ibunya, Saenab yang digelandang ke kantor polisi Polres Gowa lantaran adanya laporan polisi tentang penganiayaan,” aku Muhammad Sirul Haq, Direktur LKBH Makassar di kantor Polres Gowa, Sabtu (19/2/2022).

Bayi tersebut sempat beberapa kali menangis dan meminta keluar karena gelisah; “Kasihan kodong itu bayi, menangis, berteriak dan meronta karena mungkin baru merasakan suasana di kantor polisi apalagi dalam keadaan tertutup dan tidak ada fasilitas untuk balita bermain,” ungkap Herianto M, Mar, paralegal LKBH Makassar yang ikut dalam pendampingan.

baca juga : Kasus Mafia Tanah, Bakornas LKBHMI Berikan Pendampingan Kepada Ahli Waris Tjolleng Dg Marala

Kasus ibu Saenab sendiri bermula dari adanya laporan polisi nomor LP.B/07/VI/2021/Sek Biringbulu, tertanggal 13/06/2021, dijemput di rumahnya oleh rombongan penyidik dari Polres Gowa daerah Tompo’na, Kelurahan Tonronita, Kecamatan Biringbulu, Kabupaten Gowa, dengan jeratan hukum ancaman pasal 351 Ayat (1) KUHPidana.

“Laporan polisi ini terjadi awalnya ibu Saenab ini dituduh mencuri karung, karena menyangkal pelapor dibantu kerabatnya perempuan mengeroyok tersangka, bukti karung tidak ada, malah setelah mengeroyok pelapor langsung melapor ke Polsek Biringbulu Kabupaten Gowa, dihari kejadian 13 Juni 2022,” tutur Amin, paralegal LKBH Makassar yang turut melakukan pendampingan hukum.

LKBH sendiri mengajukan surat permohonan penangguhan penahanan ke Kapolres Gowa dan berupaya adanya upaya restoratif justice agar terjadi perdamaian.