oleh

Kemenkumham Sulsel dan Pemkot Makassar Teken MoU Kekayaan Intelektual

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan dan Walikota Makassar menandatangani Kesepakatan Bersama tentang Fasilitasi Layanan Kekayaan Intelektual di Hotel Four Point Makassar, Selasa (31/05).

Selanjutnya kesepakatan ini ditindaklanjuti secara teknis dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM dengan 4 Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Makassar. Pada saat yang sama juga ditandatangani kerjasama dengan STIKES Panrita Husada Bulukumba tentang Pembinaan, Penguatan, dan Perlindungan Kekayaan Intelektual.

Penandatanganan kesepakatan dan perjanjian kerjasama tersebut dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Mobile Intellectual Property Clinic (MIC) yang disaksikan langsung oleh Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM Bidang Transformasi Digital Fajar B.S. Lase.

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak mengatakan, “Kanwil Sulsel sampai dengan saat ini telah melakukan kerja sama di bidang KI dengan 27 pihak, antara lain pemerintah kabupaten/kota dan perguruan tinggi di Sulsel. Kerja sama yang dilakukan oleh Kantor Wilayah ini diharapkan akan meningkatkan kualitas dan juga kuantitas layanan KI. Hal itu telah dibuktikan dengan implementasi atau tindak lanjut, antara lain pengajuan permohonan KI, pelaksanaan sosialisasi, dan konsultasi dari para pihak.”

MoU Pemkot Makassar dan Kemenkumham Sulsel terkait Kekayaan Intelektual

“Sampai dengan hari ini untuk data Provinsi Sulsel, tercatat sebanyak 2.313 permohonan KI dengan perolehan PNBP sementara sebesar Rp. 1.138.300.000,- (satu milyar seratus tiga puluh delapan juta tiga ratus ribu rupiah),” ungkap Liberti Sitinjak.

Sementara itu, Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto menyambut antusias langkah sinergi dan kolaborasi Kemenkumham Sulsel terkait upaya perlindungan hukum KI di lingkup Kota Makassar.

Ia mengatakan, “Pemkot Makassar sadar dan telah menginisiasi hal-hal yang terkait kekayaan intelektual.”

baca juga : Kolaborasi DJKI dan Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Mobile Intellectual Property Clinic

Diceritakan, dalam rangka percepatan pemulihan kesehatan dan ekonomi masa pandemi Covid-19, Pemkot Makassar telah meluncurkan inovasi Makassar Recovery dan telah disetujui HKI nya oleh DJKI, sebulan setelahnya kota lain di luar negeri mengusung program yang menyerupai.

Maka Walikota Makassar ini mengungkapkan, sekiranya belum didaftarkan, maka karya tersebut bisa saja diklaim oleh pihak luar, seperti beberapa kejadian aset kebudayaan kita diklaim negara tetangga.