oleh

Kepala UPTD Akui Ada Warisan Oknum Cacat dan Tradisi Pungli Pada UPT Samsat Makassar I

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Kepala UPTD Samsat Makassar I, M. Aras Akbar, mengakui adanya warisan dari pejabat terdahulu yang terlibat dugaan pungutan liar dan pemeliharaan oknum cacat di tubuh Instansi tersebut.

“Itu sudah ada sejak Kepala UPTD yang lama (Yarham dan Rajab), saya yang bersihkan dan mutasi oknumnya, “ungkap Aras, kepada media, senin (8/1/24).

Adanya indikasi pungutan liar dan oknum-oknum yang bermain berbanding sama dengan hasil penelusuran di lapangan.

“Untuk Fiskal berkas mutasi keluar itu ada ditaruh dalam map, awalnya Kasi Pelayanan, tapi menurut informasi ada kebijakan dari Ka. UPTD yang Baru (Aras) setoran itu di safetykan sama Kabid Data Samsat Makassar I, “ kata Sumber, yang enggan dipublikasikan identitasnya.

Hal tersebut tentunya berbanding terbalik dengan pernyataan M. Aras, saat pertemuan disalah satu Warkop. Menurutnya, dia telah mensterilkan kondisi di UPTD Makassar I, dengan menonjobkan 6 orang dan memberikan atensi kepada jajarannya.

baca juga : Jaga Lingkungan Tetap Bersih, Samsat Makassar Gelar Kerja Bakti

“Saya mutasi tapi tetap di Bapenda, hanya bergeser tempat. Totalnya 6 orang termasuk yang kurang disiplin, saya sampaikan ke mereka bahwa jangan ada lagi perbuatan seperti itu, “tambah Aras.

Sementara itu, mantan Kepala UPTD. Yarham, yang dikonfirmasi terkait tudingan M. Aras, menjelaskan bahwa selama masa jabatannya hal itu tidak terjadi dan terkait adanya indikasi pungutan serta aktivitas oknum.

UPTD Samsat Makassar I membutuhkan Leader yang mampu mengontrol Public Releationship, Public Communication dan terlebih Public Service. M, Aras membuktikan bahwa dirinya kurang layak untuk dianggap sebagai Leader, dikarenakan dirinya kurang mampu memanage jajarannya.

Sementara itu, mantan Kepala UPTD. Yarham, yang dikonfirmasi terkait tudingan M. Aras, menjelaskan bahwa selama masa jabatannya hal itu tidak terjadi dan terkait adanya indikasi pungutan serta aktivitas oknum.

baca juga : Pastikan pelayanan Standar dan Prima, Dirlantas Polda Sulsel Sidak Samsat Makassar

“UPTD butuh leader yang mampu tampil didepan, mampu memanage, menjaga Public Releationship, Public Communication sebagai Public Service, bukan malah melemparkan kesalahan dan tanggung jawabnya, “tegas Sumber.

“Kita chek sendiri pada saat menjabat, tidak ada riuk-riuk, adem dan tidak ada Miss komunikasi dengan Instansi ataupun Institusi terlebih kepada media. Intinya, SDM yang menjabat adalah penanggung jawab penuh terhadap apa yang terjadi di tubuh jajarannya, “terang Yarham.

Hingga berita ini diturunkan, Kepala Bapenda Sulsel. Dr. Reza Faisal Saleh, belum memberikan keterangan terkait langkah-langkah yang akan diambilnya untuk Kepala UPTD Samsat Makassar I, M. Aras Akbar. (**/WS)