oleh

Kesigapan Tim SAR Yon A Pelopor Brimob Polda Sulsel Bantu Warga Bersihkan Pohon Tumbang

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Intensitas curah hujan tinggi yang terjadi di wilayah Kota Makassar dalam beberapa hari terakhir, menyebabkan sebuah pohon di Jalan DR. Ratulangi tumbang, Rabu(19/01/2022).

Akibat tumbangnya pohon berukuran cukup besar ini, menyebabkan arus lalu lintas Jalan DR Ratulangi mengalami kemacetan yang cukup panjang.  Mendapat informasi tersebut, Danyon A Pelopor Kompol Sapari,S.Sos langsung menerjunkan tim SAR Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel dipimpin Ipda Muh. Fadly Said,S.H yang bersiaga di posko SAR.

Setibanya di lokasi kejadian dengan berbekal dua unit mesin pemotong kayu (Chain Saw) serta alat pendukung lainnya, tim SAR Brimob bersama Tim dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar bahu-membahu membersihkan potongan batang dan ranting pohon yang hampir menutupi seluruh badan jalan.

Setelah berjibaku dengan batang dan ranting pohon selama 30 menit, akhirnya tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi seluruh potongan pohon ke bahu jalan dan lalu lintas di sekitar lokasi kejadian normal kembali.

“Benar tadi kami menerima laporan tentang adanya pohon tumbang yang menutupi badan jalan DR. Ratulangi, mendapat laporan ini tim SAR kami yang standby di posko langsung bergegas ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi pohon tersebut agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat,” ungkap Kompol Sapari,S.Sos, Komandan Batalyon Danyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel.

Kompol Sapari menambahkan, Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel telah mendirikan posko SAR yang bersiaga selama 24 jam penuh dalam seminggu untuk mengantisipasi kejadian-kejadian bencana.

baca juga : Kompol Ramli Resmi Pimpin Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulsel

Sementara, di lokasi terpisah, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Heru Novianto,S.I.K, mengatakan bahwa tim SAR Satbrimob Polda Sulsel telah disiapkan untuk mengantisipasi kejadian bencana baik itu di darat maupun di air.

“Untuk mengantisipasi bencana yang terjadi akibat datangnya musim penghujan di Sulawesi Selatan, kami telah menyiagakan seluruh tim SAR jajaran Satbrimob Polda Sulsel yang ada disetiap Batalyon Pelopor dan Detasemen Gegana. Jadi bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan dari tim SAR dapat segera menghubungi kantor kami” Kata Kombes Pol Heru Novianto. (*)