oleh

La Tinro Dorong BUMN Bantu Pelaku UMKM di Enrekang yang Terdampak Covdi-19

ENREKANG, koranmakassarnews.com – Anggota Komisi VI DPR RI yang membidangi BUMN, Ir. Haji La Tinro La Tunrung mendorong Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk terus mengakselerasi kinerja guna memulihkan ekonomi nasional. Mufti optimistis, BUMN bisa semakin meningkatkannnya peran dalam membantu ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Hal tersebut dijelaskan, Ir. Haji La Tinro La Tunrung dihadapan ratusan pelaku UMKM Kabupaten Enrekang saat menggelar sosialisasi ‘BUMN Sebagai lokomotif Pemulihan Nasional’, yang dilaksanakan di Gedung HALAL CENTRE, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Kamis (16/12/2021).

Ir. Haji La Tinro La Tunrung BUMN mengungkapkan keberadaan BUMN sangat jelas memiliki kontribusi besar dalam memulihkan ekonomi Negara ditengah pandemi Covid-19.

”BUMN memiliki peran yang strategis, kontribusi yang cukup besar, dalam perekonomian nasional. Terutama dalam konteks pemulihan ekonomi saat ini, BUMN tampil cukup baik dalam menggerakkan ekonomi masyarakat,” ungkap, Ir. Haji La Tinro La Tunrung.

Ir. Haji La Tinro La Tunrung yang tak lain mantan Bupati Enrekang menjelaskan, BUMN telah berkontribusi hingga kurang lebih Rp 3.282 triliun kepada penerimaan negara dalam beberapa tahun terakhir, baik itu dalam bentuk dividen, penerimaan negara bukan pajak (PNBP), dan pajak.

”Kontribusi dana dari BUMN itu kemudian digunakan pemerintah untuk membiayai pembangunan, seperti membangun jalan, menggaji guru, memperbaiki Puskesmas, membiayai pendidikan, dan sebagainya,” jelas, Ir. Haji La Tinro La Tunrung.

baca juga : Terpilih jadi Ketua DPP HIKMA, La Tinro La Tunrung Titip Pesan ini Ke Andi Rukman

Selain berperan dari sisi ekonomi, di masa pandemi, BUMN juga berjibaku dalam melindungi masyarakat. Di antaranya dengan bergerak menyediakan vaksin Covid-19 untuk melindungi warga Indonesia. Saat ini telah lebih dari 100 juta orang divaksin dosis lengkap.

”BUMN juga terlibat dalam riset vaksin dalam negeri yang akan digunakan pada tahun 2022. Ini merupakan kolaborasi BUMN dan para peneliti nasional,” tambah, Ir. Haji La Tinro La Tunrung.

Dia mengutarakan BUMN telah menunjukkan peran yang strategis dalam pembangunan infrastruktur antara lain membangun jalan tol, bandara/pelabuhan, jalur/stasiun kereta api, melaksanakan program 35 gigawatt, dan menciptakan satu harga BBM di seluruh Indonesia.