oleh

LSI Denny JA: Tiga Perkembangan Baru Pilpres di Ujung Tahun 2023, Yang Berjaya dan yang Tersingkir

-000-

Bagian 2 : Distribusi Pasangan di Segmen Masyarakat

Pada kategori ekonomi (pendapatan), Prabowo-Gibran unggul di semua segmen ekonomi, dengan keunggulan tertinggi ada di segmen wong cilik (pendapatan di bawah 2juta/bulan).

Di segmen pendapatan di bawah 2juta/bulan elektabilitas Prabowo–Gibran sebesar 45.9%. Elektabilitas Ganjar–Mahfud sebesar 27.7%. Elektabilitas Anies–Muhaimin sebesar 19.7%.

Di segmen pendapatan 2-4juta perbulan elektabilitas Prabowo–Gibran sebesar 41.9%. Elektabilitas Anies–Muhaimin sebesar 29.4%. Elektabilitas Ganjar – Mahfud sebesar 20.1%.

Di segmen pendapatan di atas 4juta perbulan elektabilitas Prabowo–Gibran tertinggi dengan perolehan sebesar 39.4%. Elektabilitas Anies–Muhaimin di urutan kedua dengan 31.8%. Elektabilitas Ganjar–Muhaimin sebesar 15.7%.

Pada kategori pendidikan, Prabowo–Gibran unggul di semua segmen pendidikan. Baik mereka yang pendidikan bawah dan menengah (tamat SD kebawah, tamat SMP sederajat, dan tamat SMA sederajat), maupun pendidikan atas (tamat D3 keatas)

Segmen pendidikan tamat SD ke bawah elektabilitas Prabowo–Gibran sebesar 44.8%. Elektabilitas Ganjar–Mahfud sebesar 28.3%. Elektabilitas Anies–Muhaimin sebesar 20.8%.

Segmen pendidikan tamat SMP sederajat elektabilitas Prabowo–Gibran sebesar 49.8%. Elektabilitas Ganjar–Mahfud sebesar 21.7%. Elektabilitas Anies–Muhaimin sebesar 21.2%.

baca juga : Denny JA: Akhir Dominasi PDIP di 2024

Segmen pendidikan tamat SMA sederajat elektabilitas Prabowo–Gibran sebesar 39.4%. Elektabilitas Anies–Muhaimin sebesar 32.4%. Elektabilitas Ganjar–Mahfud sebesar 17.8%.

Segmen pendidikan tamat diploma (D3) ke atas, elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 34.9%. Anies–Muhaimin sebesar 30.4%. Elektabilitas Ganjar–Mahfud sebesar 20.6%

Dari kategori jenis kelamin, Prabowo–Gibran unggul di segmen laki-laki dan segmen perempuan, dengan keunggulan tertinggi ada di segmen perempuan. Elektabilitas Prabowo – Gibran di segmen laki-laki sebesar 42.9%. Elektabilitas Prabowo–Gibran di segmen perempuan sebesar 43.8%.

Dari kategori pemeluk agama, Prabowo–Gibran unggul di pemeluk agama Islam dengan elektabilitas sebesar 43.6%. Pemeluk agama non-Islam elektabilitas terbesar di raih Ganjar–Mahfud dengan elektabilitas sebesar 50.1%.

Data lebih detil tentang dukungan kategori agama dan jenis kelamin dapat di lihat di bahan paparan yang disertakan dalam bahan ini.