oleh

LSI Denny JA: Tiga Perkembangan Baru Pilpres di Ujung Tahun 2023, Yang Berjaya dan yang Tersingkir

Pada kategori usia, Prabowo – Gibran unggul di semua segmen usia dengan dukungan terbesar di usia muda (usia 30 tahun ke bawah).

Segmen usia 30 tahun kebawah elektabilitas Prabowo–Gibran sebesar 59.3%. Elektabilitas Anies–Muhaimin sebesar 19.7%. Elektabilitas Ganjar–Mahfud sebesar 13.7%.

Data lebih detil tentang dukungan kategori usia bisa di lihat di bahan paparan yang disertakan dalam bahan ini.

Dari kategori pemilih partai politik, Prabowo–Gibran unggul di lima  pemilih partai yaitu Gerindra (dukungan pemilih Gerindra sebesar 87.3%), Golkar (60.6%), PAN (62.3%), PPP (44.6%), Demokrat (31.6%).

Anies–Muhaimin unggul di tiga pemilih partai yaitu PKS (69.9%), PKB (50.9%), dan Nasdem (66.8%).

Ganjar–Mahfud unggul di satu pemilih partai yaitu PDIP dengan dukungan di pemilih PDIP sebesar 68.5%.

Bagaimana dengan dukungan dari kategori suku?

Prabowo–Gibran unggul di enam suku yaitu Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Madura, Batak, dan suku lainnya. Anies–Muhaimin unggul di dua suku yaitu Minang, dan Betawi.

Di suku Jawa ini sebagai contoh, elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 39%. Elektabilitas Ganjar-Mahfud 35.3%. elektabilitas Anies-Muhaimin 16.2% . Data detil mengenai dukungan suku bisa di lihat di bahan paparan.

Dari kategori wilayah, Prabowo–Gibran unggul di lima wilayah yaitu Sumatera (40.3%), Jawa (40.2%), Kalimantan (46.9%), Sulawesi (73.3%), dan Maluku – Papua (55.4%)

Ganjar-Mahfud unggul di Bali-NTB-NTT dengan dukungan sebesar 49.6%.

baca juga : Denny JA: Data Basi Lembaga Survei Asing Roy Morgan

Dari tiga provinsi terbesar (Jawa Barat, Jawa Tengah+DIY, dan Jawa Timur), Prabowo-Gibran unggul di Jawa Barat dan Jawa Timur. Jawa Tengah+DIY yang unggul Ganjar-Mahfud.

Data lebih detil mengenai dukungan dari wilayah bisa dilihat di bahan paparan.

Bagaimana dukungan dari kategori wilayah dan kepuasaan terhadap Presiden Jokowi?

Di segmen yang sangat puas/puas terhadap presiden Jokowi, mayoritas memilih Prabowo – Gibran. Di segmen ini Prabowo–Gibran mendapatkan 47.7%. Ganjar–Mahfud mendapatkan 26.4%. Anies–Muhaimin mendapatkan 19.7%.

Di segmen yang kurang/tidak puas terhadap Presiden Jokowi, mayoritas memilih Anies – Muhaimin. Di segmen ini Anies–Muhaimin mendapatkan 46.9%. Prabowo–Gibran mendapatkan 28.1%. Ganjar – Mahfud mendaptakan 10.1%

Dari kategori medsos yang paling banyak digunakan, Prabowo-Gibran unggul di di 5 medsos (Whatsapp, Facebook, Youtube, Tiktok, dan Instagram). Yang paling banyak menggunakan Twitter untuk capres cawapres paling tinggi adalah Anies-Muhaimin. Data detil mengenai dukungan dari keaktifan menggunakan medsos bisa dilihat di bahan paparan.