oleh

Maju Pilwalkot, Fatmawati Rusdi Bisa Teruskan Penghargaan Makassar Kota Sehat

koranmakassarnews.com — Kota Makassar punya tradisi meraih penghargaan Swasti Saba Wistara Kabupaten/Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri. Ini adalah penghargaan kabupaten/kota sehat tipe tertinggi. Fatmawati Rusdi bisa melanjutkan estafet penghargaan tersebut andai terpilih pada Pilwalkot Makassar 2020.

Makassar telah lima kali meraih Swasti Saba Wistara, yakni pada 2011, 2013, 2015, 2017, dan 2019. Tiga di antaranya diraih saat Mohammad Ramdhan Pomanto menjabat Wali Kota Makassar (2014-2019), sosok yang menjadi pasangan Fatmawati pada pesta demokrasi Kota Daeng tahun ini.

Penghargaan ini didasari tujuh sasaran atau tatanan yang diraih suatu daerah, yakni kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas yang tertib, dan pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, kawasan ketahanan pangan dan gizi, kawasan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, serta kawasan kehidupan sosial yang sehat.

Tujuan program kota sehat adalah tercapainya kondisi kota untuk hidup dengan bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni dan bekerja bagi warganya dengan terlaksananya berbagai program-program kesehatan, dan sektor lain. Sehingga dapat meningkatkan pelayanan sarana dan produktivitas dan perekonomian masyarakat.

Selain itu, terbentuknya forum masyarakat yang mampu menjalin kerja sama antar-masyarakat, pemerintah kota dan pihak swasta, serta dapat menampung aspirasi masyarakat dan kebijakan pemerintah secara seimbang dan berkelanjutan dalam mewujudkan sinergi pembangunan yang baik.

Baca Juga : Potensi Menang, Faktor Fatmawati Rusdi Ditakuti Rival Politik

Semua hal di atas juga pernah dilakukan Fatmawati saat mendampingi sang suami, Rusdi Masse (RMS), yang menjadi Bupati Sidrap dua periode (2008-2018). Asal tahu saja, daerah penghasil beras tersebut baru meraih penghargaan ini saat RMS menjabat.

Penghargaan Swasti Saba Wistara pertama kalinya diraih Sidrap pada tahun 2015. Raihan itu tidak lepas dari peranan Fatmawati sebagai Ketua Forum Kabupaten Sehat. Selama menjabat, penghargaan demi penghargaan terus diraih. Diawali pada 2011, Sidrap meraih penghargaan Swasti Saba Padapa, 2013 meraih Swasti Saba Wiwerda, dan 2015 berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Wistara, tipe penghargaan tertinggi untuk penghargaan kabupaten/kota sehat ini. (*)