oleh

Mengungkap Rahasia: Wings Air dan Pemda Ramaikan Rute Penerbangan Unik, Buka Akses ke Destinasi Tersembunyi

JAKARTA, koranmakassarnews.com 27 Desember 2023 – Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Group mengumumkan kembali portfolio bentuk kesuksesan kerjasama Pemerintah Daerah (Pemda) di berbagai daerah dalam upaya meramaikan penerbangan domestik di Indonesia. Kolaborasi ini dilakukan dengan menerapkan sistem jaminan okupansi (keterisian) kursi dari pemerintah daerah atas dasar kesepakatan yang dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat.

Setelah tingkat keterisian penumpang dan permintaan pasar penerbangan tumbuh secara organik dan meningkat, maka kerjasama Wings Air dan Pemda berakhir sesuai kesepakatan. Selanjutnya, penerbangan dibuka secara umum untuk commercial flight (berjadwal regular).

Rute yang sudah dibuka dan dikembangkan melalui kerjasama dimaksud dilayani pulang pergi (PP), yaitu:

  1. Makassar (UPG), Sulawesi Selatan – Tana Toraja (TRT), Sulawesi Selatan.

Rute ini membuka akses penerbangan ke Tana Toraja, sebuah daerah yang terkenal kekayaan budaya dan alamnya. Wings Air dan Pemda Sulsel berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan ke dua kota ini.

  1. Timika (TIM), Papua Tengah – Ewer Asmat (EWE), Papua Selatan.

Rute ini menembus daerah setingkat kecamatan di Papua yang memiliki keunikan suku dan alam yang jarang ditemui. Wings Air dan Pemda Papua Tengah berharap memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat dan pengembangan daerah.

  1. Banjarmasin (BDJ), Kalimantan Selatan – Muara Teweh (HMS), Kalimantan Tengah.

Rute ini mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Muara Teweh, wilayah yang terletak di hulu Sungai Barito. Wings Air dan Pemda Kalsel-Kalteng memfasilitasi mobilitas dan aksesibilitas masyarakat, serta menggali potensi daerah.

  1. Balikpapan (BPN), Kalimantan Timur – Tana Toraja (TRT), Sulawesi Selatan.

Rute ini menghubungkan dua daerah yang memiliki pesona alam dan budaya yang berbeda. Wings Air dan Pemda Kaltim dan Sulsel memperluas jaringan dan pasar penerbangan Kalimantan dan Sulawesi.

  1. Balikpapan (BPN), Kalimantan Timur – Melak Kutai Barat (GHS), Kalimantan Timur.

Rute ini menyajikan pesona Melak Kutai Barat, daerah yang popular karena keindahan alam dan budaya Dayak. Wings Air dan Pemda Kaltim memperkenalkan jalur menarik ini kepada masyarakat luas.

  1. Batam (BTH), Kepulauan Riau – Dabo Singkep Lingga (SIQ), Kepulauan Riau.

Rute ini menghubungkan dua pulau yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau, yaitu Pulau Batam dan Pulau Singkep. Wings Air dan Pemda Kepri meningkatkan konektivitas dan integrasi antar pulau, serta mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kedua daerah.

  1. Wakatobi (WNI), Sulawesi Tenggara – Kendari (KDI), Sulawesi Tenggara.

Rute ini membuka akses penerbangan ke Wakatobi (Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Biongko), kawasan yang terkenal keindahan bawah laut dan keanekaragaman hayati lautnya. Wings Air dan Pemda Wakatobi mempromosikan destinasi wisata ini kepada masyarakat luas, serta memfasilitasi mobilitas dan aksesibilitas masyarakat intra-Sultra.

baca juga : Wings Air Melayani Penerbangan Langsung dari Balikpapan ke Melak

Kerjasama tersebut memberikan keuntungan bagi masyarakat, pemerintah daerah dan sektor penerbangan, antara lain:

  1. Masyarakat dapat memperoleh pilihan terbang di dalam negeri menggunakan penerbangan langsung jarak pendek (point to point) yang lebih nyaman, cepat, dan terjangkau. Masyarakat juga menikmati pemandangan menakjubkan dan mengenal lebih dekat kehidupan dan budaya masyarakat lokal di berbagai daerah.
  2. Pemerintah daerah mendukung percepatan pemulihan perekonomian daerah dan nasional, di sektor perdagangan, pendidikan, perikanan, kehutanan, pariwisata dan lainnya. Pemerintah daerah bisa meningkatkan konektivitas dan integrasi antardaerah, serta memperluas jangkauan pelayanan publik.
  3. Sektor penerbangan mampu mengembangkan jaringan dan pasar semakin luas, serta meningkatkan tingkat keterisian penumpang dan permintaan pasar penerbangan. Sektor penerbangan mampu berkontribusi positif dalam perkembangan daerah sejalan program pemerintah.

Kerjasama Wings Air dan Pemda di berbagai daerah ini merupakan bukti nyata dari komitmen dalam mendukung pertumbuhan perekonomian wilayah serta penerbangan domestik di Indonesia.

Ingin terbang ke destinasi-destinasi tersebut? Gunakan BookCabin, aplikasi pemesanan tiket penerbangan yang praktis dan aman: BookCabin, dapatkan diskon tambahan Rp 50.000 setiap pembelian tiket, bisa pesan hotel dan melakukan check in online tanpa perlu antre di bandar udara. Jadi, tunggu apa lagi? Download aplikasi BookCabin!