oleh

Minimalisir Penularan, IDI Kota Makassar Sarankan Agar Anak Kembali Sekolah Secara Daring

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Yang perlu diingat ada tiga poin penting untuk memperhatikan masa depan anak dimasa pandemi covid-19 yakni hak anak hidup , hak anak sehat dan hak anak mendapatkan pendidikan.

Tiga point tersebut diutarakan Ketua IDI Kota Makassar, dr Siswanto Wahab Sp.KK.

“Karena seluruh warga sekolah termasuk guru dan staf sebagai bagian dari masyarakat yang memiliki risiko yang sama untuk tertular dan menularkan Covid-19”, kata dr. Siswanto.

Sementara itu dr. Wachyudi Muchsin SH, M.Kes menambahkan dengan menimbang dan memperhatikan panduan dari WHO, publikasi ilmiah, publikasi di media massa, dan data Covid-19 di Indonesia pada saat ini, kasus covid-19 kembali meningkat dengan varian barunya bernama omicron.

“Perlu pembelajaran melalui sistem jarak jauh (PJJ) alias online sangat lebih aman, sekaligus evaluasi apakah prokes PTM (pembelajaran tatap muka) saat ini sudah efektif diterapkan”, tambah dr. Yudi sapaan akrabnya, senin (14/2/22).

baca juga : Kasus Covid-19 Melonjak, Reisa Ajak Masyarakat Perketat Kembali Protokol Kesehatan

Mulai dari pendidikan disiplin hidup bersih sehat, penerapan protokol kesehatan dari rumah hingga ke sekolah, termasuk mempersiapkan kebutuhan penunjang kesehatan anak seperti masker, bekal makanan dan air minum, pembersih tangan, hingga rencana transportasi.

“Kendati demikian, orangtua juga harus memperhatikan kebutuhan anak termasuk mendorong vaksin di seluruh tingkatan umur”, tutur dokter Koboi.

Perlu diajarkan juga pada anak dan guru untuk mengenali dan mengetahui gejala awal sakit dan melapor pada guru apabila diri sendiri atau teman ada yang mengalami gejala sakit.

“Selama pandemi covid-19 anak masih sangat memerlukan pendampingan orangtua saat sekolah mengingat risiko sakit parah apabila tertular maka sebaiknya anak belajar dari rumah melihat saat ini kasus covid-19 dengan varian baru omicron terus meningkat”, pungkas dr. Yudi. (*)