oleh

Nurdin Abdullah Tegaskan Pentingnya Program Konservasi

koranmakassarnews.com — Berlatar belakang Guru Besar Kehutanan, tentunya Prof HM Nurdin Abdullah mengetahui betul betapa pentingnya program konservasi hutan di 24 kabupaten kota se-Sulsel.

“Itu program mitigasi, itu sangat penting, terutama mengevakuasi ketika itu ada longsor, hubungan putus, saya kira itu harus dilanjutkan. Tapi yang paling penting program konservasi, itu bukan lagi sesuatu yang boleh ditawar, itu keharusan,” tegas mantan Bupati Bantaeng 2008-2018, di depan awak media, Rabu, 8 Januari 2020.

Salah satu langkah menyeimbangkan alam khusus di Sulsel ini harus melakukan konservasi hutan secara bertahap di setiap daerah. Terlebih di wilayah bendungan, cekdam agar menjaga hulu.

“Ketika masuk musim kemarau kita kekurangan air, ketika masuk musim hujan kita kelebihan air. Ini tidak seimbang. Makanya keseimbangan alam ini harus kita kembalikan,” jelasnya.

baca juga : Nurdin Abdullah Pastikan Pemerintah Hadir di Tengah Bencana

Meluapnya air di DAS Walanae, DAS Jeneberang dan DAS Saddang diakibatkan perambahan hutan yang berlebihan. Sesuai dengan tuntutan Undang-undang nomor 23, menyerahkan urusan kehutanan ke pemerintah provinsi.

“Makanya ini dalam proses konsolidasi. Tapi, kita juga harus bersama kabupaten-kota menjaga kelestarian hutan,” terangnya. (*)