oleh

PAC Pemuda Pancasila Cenrana Bone Bantu Warga Hadirkan Ambulance Air

BONE, koranmakassarnews.com — Warga Kabupaten Bone khususnya warga Kecamatan Cenrana yang berada di bantaran sungai Cenrana saat ini sangat membutuhkan transportasi air atau Ambulance Air untuk pelayanan kesehatan saat keadaan darurat.

Ambulance Air sebagai akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang akan di rujuk ke Puskesmas ataupun Rumah Sakit, pasalnya daerah tersebut tidak bisa di akses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Kecamatan Cenrana yang di kelilingi sungai butuh waktu sekitar 40 -50 menit untuk warga yang membutuhkan pelayanan medis menuju puskesmas ataupun rumah sakit.

Warga Cenrana khususnya Dusun Salo Sibalie menuturkan, bahwa sulitnya mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal di karenakan jarak kampung menuju Puskesmas yang memakai waktu sekitar 40-50 menit dengan jarak sekitar 4 KM,” tutur salah satu warga saat di kunjungi tim media.

Ia menambahkan bahwa ada salah warga Dusun Salo Sibalie harus melahirkan diatas perahu kecil dikarenakan waktu tempuh yang cukup jauh menuju Puskesmas ataupun Rumah Sakit.

“Kami selaku warga Dusun Salo Sibalie Desa Nagauleng, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Bone berharap adanya perhatian dari pemerintah Daerah maupun lembaga yang bisa membantu pengadaan Ambulance Air sebagai transportasi darurat untuk pelayanan kesehatan bagi warga Salo Sibalie,” harap warga Dusun Salo Sibalie.

Sementara itu Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila Kecamatan Cenrana Suardi Mappa menuturkan, memang seharusnya Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Bone harus memperhatikan keadaan warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai Cenrana yang butuh pelayanan kesehatan yang maksimal.

baca juga : Kesejahteraan Pewarta Jadi Program Utama Badan Jurnal Pemuda Pancasila Sulsel

Dimana kesehatan merupakan salah satu indikator pembangunan manusia dan perekonomian bangsa. Kemudian lanjut beliau, salah satu yang ingin di wujudkan dalam pembangunan yang berkelanjutan (SDGs) yakni Universal Health Coverage (UHC) yang merupakan suatu keadaan dimana setiap orang dapat menerima kebutuhan dasarnya berupa layanan kesehatan mulai dari upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif

“Salah satu kebutuhan mendasar yang saat ini dibutuhkan warga Cenrana khususnya Dusun Salo Sibalie adalah Ambulance air. Sebagai layanan operasional bupati untuk melayani pasien yang akan di rujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan rujukan yakni puskesmas dan rumah sakit,” tutur Suardi Mappa saat diwawancarai di kediamannya, minggu (28/11/21).

Ia berharap agar pemerintah ataupun anggota DPRD Bone dapat mendengarkan apa yang menjadi kebutuhan warga, yakni Ambulance Air sebagai kendaraan penunjang fasilitas layanan kesehatan masyarakat. (*)