oleh

PD Pasar Makassar Raya Kembali Tertibkan dan Segel 16 Kios di Pasar Kalimbu

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — PD Pasar Makassar Raya kembali melakukan penertiban dan penyegelan terhadap 16 petak pertokoan atau Kios di Pasar Kalimbu. Diantaranya adalah 10 Front Toko dan 6 kios dalam.

Penyegelan tersebut berdasarkan data tunggakan dari tahun 2013 hingga 2021. Sebagaimana tertera dalam berita acara penyegelan yang dikeluarkan PD Pasar Makassar no 511.2/160/PD.PSR/ III/2021.

Kabag Penertiban dan Keindahan PD Pasar, Muh. Jaenul mengatakan penyegelan ini dilakukan sudah sesuai Perda no 12/ 2004 tentang pengurusan pasar dalam daerah kota Makassar dan peraturan Walikota Makassar no 1/ 2004 tentang penyegelan dan pengambilalihan tempat berjualan.

“Sesuai Perda No. 12 tahun 2004 dan Perwali No. 1 tahun 2004, maka kami melakukan tindak penyegelan. terhadap front toko dan kios yang sudah lama menunggak.” Ujar Jaenul, selasa (30/3/21).

Menurut Jaenul, tunggakan para pedagang rata-rata mulai dari tahun 2013 hingga 2021.

Sementara Direktur Utama PD Pasar, Basdir, SE menyatakan penyegelan ini perlu dilakukan untuk melakukan penertiban dikalangan pedagang yang sudah tidak produktif.

baca juga : Bersama Dinkes, PD Pasar Makassar Raya Lakukan Vaksinasi Massal Bagi Para Pedagang

“Kami tetap lakukan tindak tegas sesuai aturan yang berlaku. Karena kami ingin membuka lapak baru untuk masyarakat lain yang ingin berjualan. Daripada tinggal begitu saja dan mereka tidak memenuhi kewajibannya, maka kami segel.” Ujar Basdir saat melakukan pemantauan langsung ke lokasi.

Penyegelan ini dilakukan langsung oleh Amos selaku Kepala Pasar Kalimbu didampingi staf Pasar serta Tim dari Tripika Kecamatan Bontoala baik dari Binmas, Babinsa, Sat Pol PP dan pihak Kelurahan Wajo Baru. Dan dari penertiban ini sebanyak 8 orang akhirnya melakukan pembayaran untuk menghindari penyegelan. (*)