oleh

Posko Kemanusiaan ACT Layani Korban Banjir Bandang Masamba

LUWU UTARA, koranmakassarnews.com — Aksi Cepat Tanggap mendirikan posko kemanusiaan sebagai pusat informasi dan penyaluran bantuan untuk warga terdampak banjir di Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Selasa (14/7). Posko Kemanusiaan Induk berada di kantor ACT Sulawesi Selatan di Jalan Sultan Alauddin Kota Makassar, sedangkan posko wilayah berada di Jl. Muh. Hatta no. 11 C. Depan Pasar Sentral Masamba, Jl. Rambutan No. 1 Kel. Baliase dan Jl. Garuda No. 7C (Perumnas), Kec. Bara, Kel. Rampoang, Kota Palopo.

Kepala Program ACT Sulawesi Selatan Andy Syurganda Haruna menerangkan, melalui posko kemanusiaan, koordinasi relawan dan distribusi bantuan diikhtiarkan sampai kepada para korban lebih cepat.

“Para dermawan di sekitar Makassar bisa langsung mengantarkan bantuan ke posko induk maupun posko daerah kami di Luwu Utara,” jelas Syurganda, rabu (15/7/20).

Banjir bandang meluluhlantakkan Masamba, Senin (13/7) malam kemarin. Luapan Sungai Masamba dan curah hujan yang tinggi membuat rumah warga terendam air dan lumpur setinggi 1,5 meter. Banjir juga membawa material berupa gelondong kayu, sampah, dan lumpur.

Menurut laporan Syurganda, tangis histeris warga meminta pertolongan pada Senin malam membuat suasana semakin mencekam.

“Di daerah Patambua misalnya, salah satu titik terdampak cukup parah, dilaporkan ada 38 orang hilang sementara sekitar 200 KK di Desa Meli mengungsi ke dataran yang lebih tinggi. Di antara warga yang hilang itu ada anak kecil berumur 8 tahun yang sampai sekarang belum diketahui keberadaannya,” lanjut Syurganda.

Menurut data dari tim Disaster Emergency Response ACT yang berada di lokasi bencana, kebutuhan mendesak yang dibutuhkan warga berupa makanan siap saji, air bersih, perlengkapan sanitasi, selimut, sarung, pakaian, obat-obatan dan lain-lain.

baca juga : Melalui Global Qurban ACT, Manfaat Qurban Sampai ke Bumi Lamaddukelleng

“Hingga Selasa siang, sejumlah relawan turut membantu warga mengevakuasi barang-barang yang masih bisa diselamatkan. Sedangkan, di pengungsian warga bertahan dengan kebutuhan dasar terbatas,” jelasnya.

Bagi para sahabat dermawan yang ingin berdonasi untuk membantu warga terdampak banjir masamba dapat melalui rekening Aksi Cepat Tanggap yaitu SULSELBAR SYARIAH 5100 5321 0417 1658 dan BNI SYARIAH 777 1659 997. Untuk informasi dapat menghubungi nomor careline Aksi Cepat Tanggap 0411 898 6113 atau via Whatsapp 0821 9224 1414.