oleh

PSM Makassar vs PSS Sleman di Stadion Gelora Bj Habibie Parepare Tanpa Penonton

PAREPARE, koranmakassarnews.com — Polres Parepare dan Panitia Pelaksana (Panpel) PSM Makassar, sudah siap menggelar pertandingan liga 1 2022/2023 besok. Pertandingan ini antara PSM Makassar vs PSS Sleman, bertempat di Stadion Gelora BJ Habibie Kota Parepare, namun tanpa penonton.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Kapolres Parepare AKBP Andiko Wicaksono jumat (13/1/23), mengatakan jika melihat kejadian di Stadion Kanjuruhan Malang adalah pengalaman yang sangat berharga bagi penyelenggara event pertandingan sepak bola dengan skala nasional.

“Terkait hal tersebut, telah keluar juga instruksi Presiden untuk mengaudit total stadion dan melakukan pembenahan sampai dengan standar yang berlaku di dalam regulasi FIFA. Tujuannya mengutamakan keamanan dan keselamatan, sebelum di putuskan untuk kembali menyelenggarakan sebuah pertandingan sepak bola dengan skala nasional”, jelas Kapolres.

Selain intruksi tersebut juga telah dikeluarkan dan berlaku porpol nomor 10 tahun 2022, ini akan di jadikan sebagai pedoman dalam kompetensi olahraga dan termaksud kelanjutan BRI liga 1. Selanjutnya memang benar telah di lakukan audit di stadion Gelora BJ Habibie, di mana masih diajukan PSM Makassar sebagai homebasenya.

Kapolres Parepare bersama Kodim dan Panpel

“Audit yang di lakukan kementerian PUPR dan tim audit profesional dari Baharkam Polri. Adapun hasil audit kementerian PUPR, rekomendasinya masih harus di lakukan rehabilitasi, sedangkan hasil audit dari Baharkam Polri, memang telah di nilai baik namun meninggalkan beberapa catatan”, paparnya.

Lanjut AKBP Andiko Wicaksono mengatakan, atas dasar tersebut, kami membuat perkiraan keamanan selanjutnya kami kirimkan kepada Kepolisian Daerah dan di teruskan ke Baintelkam Polri, untuk menganalisa dan mengevaluasi terkait situasi, serta kondisi di lapangan berdasarkan perkiraan keamanan yang telah kami buat.

“Selanjutnya akan di putuskan, apakah di berikan izin atau tidak untuk di laksanakan pertandingan berskala nasional di stadion Gelora BJ Habibie Kota Parepare. Jawabannya perhari ini, kita sudah dapatkan kabar bahwa pertandingan di Gelora BJ Habibie dapat di laksanakan, dengan syarat tanpa di hadiri penonton”, ungkapnya.

baca juga : Aksi Bakar Lilin Kapolres, Dandim 1420 Bantaeng dan Suporter PSM Kenang Tragedi Kanjuruhan

Jadi sabtu tanggal 14 Januari 2023, pukul 15:00 Wita sudah dilakukan persiapan pertandingan antara PSM Makassar vs PSS Sleman, tanpa di hadiri oleh penonton. Kepolisian menghimbau kepada seluruh suporter PSM Makassar, untuk tidak memaksakan diri hadir di stadion karena pertandingan dilaksanakan tanpa kehadiran penonton.

“Untuk pertandingan berikutnya, akan di lakukan evaluasi kembali dari Baintelkam Polri, untuk selanjutnya akan di berikan syarat kepada pihak klub. Apakah masih tetap di laksanakan di parepare atau di stadion alternatif, yang di tinjau dari aspek keamanan dan keselamatan”, tutur AKBP Andiko Wicaksono.

Sementara media officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul mengapresiasi pihak pengamanan yang telah memberikan izin pertandingan antara PSM Makassar vs PSS Sleman, meskipun tanpa penonton. “Apa pun itu, kami tetap mengapresiasi izin yang telah di keluarkan oleh Baintelkam Polri, sehingga pertandingan besok dapat di gelar”, pungkasnya. (Sis)