oleh

Road Show Ramadhan Tim Prof Husain Syam Berakhir di Perbatasan Sulteng

MAMUJU, koranmakassarnews.com — Road Show Ramadhan 1444 Hijriah yang dilaksanakan oleh Relawan Prof Husain Syam (PHS) akhirnya tiba di Kecamatan Sarjo di ujung Utara Sulawesi Barat yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Donggala, Sulteng.

Lokasi ini merupakan titik akhir dari pelaksanaan Road Show Ramadhan Tim PHS yang tahun ini dimulai di daerah Paku di Selatan yang berbatasan dengan Kabupaten Pinrang Sulsel pada tanggal 27 Maret 2023 lalu.

Koordinator Relawan Prof Husain Syam, Maulana Yusdianto menjelaskan bahwa total jarak yang ditempuh para relawan sekitar 528 Km. “Alhamdulillah, berkat support semua pihak, tahun ini kami berhasil memecahkan rekor tahun sebelumnya,” terang Maulana, Sabtu (15/4/2023).

Pada pelaksanaan Road Show Ramadhan tahun lalu, Tim PHS berhasil membersihkan sebanyak 212 masjid. “Tahun ini Alhamdulillah 270 masjid yang berhasil kami sambangi dan bersihkan,” tambahnya.

Para relawan PHS memulai kegiatan amaliyah ramadhan tahun ini di Masjid Babussalam di Dusun Dongi, Desa Paku, Kecamatan Binuang, Sulawesi Barat, dan berakhir di Masjid Al Muhajirin, Dusun Rojo, Desa Sarude Kecamatan Sarjo, Sulawesi Barat.

baca juga : Hari ke 15 Road Show Ramadhan 2023, Tim Prof Husain Syam Pecah Rekor

“Kecamatan Sarjo ini adalah daerah paling ujung di Kabupaten Pasangkayu Sulawesi Barat yang berbatasan dengan Suremana di Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah,” paparnya.

Maulana Yusdianto mengungkapkan bahwa terus berlanjutnya kegiatan amaliyah ramadhan yang tahun ini telah memasuki pelaksanaan ketiga kalinya itu, karena melihat respon dari masyarakat Sulawesi Barat. “Masyarakat berharap kami terus lanjut. Doakan kami semoga tahun depan bisa kembali turun ke jalan untuk menyambangi dan membersihkan semua masjid di sepanjang Sulawesi Barat,” kata pria yang akrab disapa Lana itu.

Selain fokus pada penyaluran sembako dan baju koko buat para imam masjid, guru mengaji dan penjaga masjid, Road Show Ramadhan tahun ini tambahnya, juga tetap menitikberatkan pada kegiatan bagi takjil dan bersih masjid. Lana mengatakan, “Selain membersihkan karpet-karpet masjid, kami juga membersihkan tempat wudhu hingga toilet di setiap masjid yang kami datangi.”