oleh

RSUD Daya dan Dinkes Makassar Gelar OTJ Dalam Menekan AKI dan AKB

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Masalah kesehatan ibu dan anak masih menjadi prioritas utama dalam pembangunan nasional bidang kesehatan. Target RPJMN (Indonesia) tahun 2024 untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) adalah 183/100.000 kelahiran hidup dan Angka Kematian Bayi (AKB) adalah 16/1000 kelahiran hidup.

Kematian maternal disebabkan juga oleh penyebab tidak langsung antara lain terlambat mengambil keputusan, terlambat merujuk, terlambat memberi tindakan serta terlalu muda, terlalu tua, terlalu banyak anak dan terlalu dekat jarak kehamilan.

Untuk mencapai itu semua diperlukan upaya peningkatan kapasitas dokter umum, bidan, perawat puskesmas dalam penanganan kasus kegawat daruratan Ibu dan anak di Rumah Sakit, sehingga pada akhirnya dapat berdampak pada penurunan AKI dan AKB.

Apa itu kegawatdaruratan maternal dan neonatal, kegawatdaruratan maternal merupakan kejadian berbahaya yang dapat mengancam jiwa akibat dari masalah kehamilan, persalinan, atau nifas. Contoh kasus kegawatdaruratan maternal : perdarahan , Hipertensi pada kehamilan , dan lain-lain.

Kegawatdaruratan Neonatal merupakan kejadian yang mengancam jiwa bayi baru lahir usia 0-28 hari. Kasus kegawatdaruratan neonatal meliputi: Asfiksia (Bayi lahir sesak/tidak menangis), Berat Badan bayi lahir rendah (BBLR), dan lain-lain.

Tujuan on the job training (OJT) kegawat daruratan ibu dan anak bagi dokter, bidan, dan perawat FKTP ke rumah sakit adalah untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dokter, bidan dan perawat di Puskesmas dalam penanganan kasus kegawat daruratan ibu dan anak di RS.

baca juga : Lulus Akreditasi Paripurna, RSUD Daya Kota Makassar Kantongi Predikat Rumah Sakit Bintang Lima

Adapun tujuan khusus itu antara lain.

• Meningkatkan Kapasitas dokter umum, Bidan, dan perawat dalam melakukan deteksi dini resiko yang dapat terjadi pada kehamilan, persalinan, dan nifas dan Bayi baru lahir
• Mendapatkan pengetahuan tentang tatalaksana kegawatdaruratan dasar pada kehamilan, persalinan dan nifas
• Mendapatkan pengetahuan tentang tatalaksana kehamilan dan persalinan dengan penyulit Obstetri
• Mendapat pengetahuan tentang kasus kegawat daruratan tersering pada bayi baru lahir
• Mendapat pengetahuan tentang Tatalaksana kegawat daruratan tersering pada bayi baru lahir