oleh

Semarak Harnas UMKM 2023, ABDSI-PLUT Gelar Talkshow

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Kongres UMKM Yogyakarta yang diselenggarakan pada tanggal 26 Mei 2016 telah menyepakati pencanangan Hari Nasional UMKM yang jatuh pada tanggal 12 Agustus setiap tahunnya. Peringatan Harnas UMKM mengambil momentum kelahiran Bapak Bangsa Dr. H. Mohammad Hatta sebagai sarana untuk merawat dan membesarkan semangat ekonomi kerakyatan.

Dalam rangka semarak hari nasional (Harnas) UMKM 2023, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) bersama UPT PLUT Sulsel menggelar talkshow Senin, 7 Agustus 2023 bertempat di Hotel W Three Makassar, Jalan Andi Djemma. Kegiatan yang diikuti ratusan UMKM ini mengambil tema “Transformasi UMKM Masa Depan”.

Kegiatan ini mengahdirkan narasumber Kepala Dinas Koperasi UKM Sulsel, Dr. H. Ashari Fakhsirie Radjamilo, M.Si Kepala UPT PLUT, Samsibar, SE, MM, Ketua DPW ABDSI Sulsel, Bahrul ulum Ilham, Salman Sahmad selaku Direktur Lapenkop Sulsel, Ketua PINBUK Sulsel, Muh. Nurfitrani, Bachtiar Baso  sebagai Movement Manager Garda Transfumi Sulsel, Muh. Saleh sebagai Kepala Inkubator STIE AMKOP, praktisi dan motivator, Aly Anwar dan Direktur Wasd lab, Ahyar Muawwal.

baca juga : Hadiri Cooperative Expo 2023, Wawali dan Ketua TP PKK Makassar Borong Produk UMKM

Ketua ABDSI Sulsel, Bahrul ulum Ilham mengatakan, melalui talkshow ini diharapkan menggali ide,masukan dan kritikan terkait arah dan kebijakan pengembangan UMKM selama ini. “Kami juga bersama UMKM membangun komitmen melakukan transformasi, yaitu usaha bersama melakukan proses perubahan yang membawa perbaikan dari keadaan sebelumnya,” ujar Bahrul.

Beberapa kesimpulan diskusi ini antara lain pentingnya kolaborasi multipihak dalam pemberdayaan UMKM, pentingnya membangun UMKM yang kuat karakternya, kuat produktivitasnya, kuat daya saingnya. Selain itu, inovasi dan kreativitas menjadi kata kunci untuk melakukan transformasi. Adapun poin penting yang akan segera ditindaklanjuti adalah optimalisasi peran pendampingan serta sinergi yang menghadirkan semua stakeholder dalam mendukung UMKM Naik Kelas. (*)