oleh

SMA MUHI Tuan Rumah Natioal Cooperative Summit 2023

YOGYAKARTA, koranmakassarnews.com — Dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke 76 pada tanggal 12 Juli 2023 bersama Kemenko Bidang Perekonomian, Kemenkop dan UKM, Kemenko PMK dan Majelis Pendidikan Dasar Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyelenggarakan National Cooperative Summit di SMA Muhamamdiyah 1 Yogyakarta pada 20 – 22 Juli 2023 yang menghadirkan 1300 orang.

Expo tersebut diharapkan menjadi momentum membumikan tagline #BanggaBerkoperasi #IndonesiaMaju. Dengan tagline tersebut, diharapkan akan merangsang generasi muda untuk menghidupkan citra koperasi dengan melibatkan generasi milenial.

Kegiatan ini dibuka oleh Susiwijono Moegiarso, ME selaku Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI dan Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga Kementerian Koordinator PMK, Didik Suhardi Ph.D. Acara dibuka secara resmi pada Kamis, 20 Juli 2023 pukul 09.30 WIB dengan ditandai dengan pemotongan pita oleh Susiwijono Moegiarso, ME selaku Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI.

Dalam sambutannya, Susiwijono Moegiarso, ME menyatakan bahwa Sudah waktunya dalam sistem pendidikan, koperasi harus dihadirkan untuk pembudayaan dan pembentukan karakter anak bangsa. Namun, terasa bahwa masih kurang upaya edukasi maupun sosialisasi tentang pembudayaan sistem ekonomi kerakyatan melalui koperasi, terutama bagi generasi muda.

“Populasi generasi milenial, generasi Z, dan generasi post gen Z mencapai 64,69% dari total 270,20 juta jiwa penduduk Indonesia, menjadi potensi besar sebagai penggerak ekonomi kerakyatan. Internalisasi Gerakan ayo berkoperasi yang dilakukan secara mendasar menyasar sekolah jenjang menengah (SMP/MTs, SMA/SMK/MA) di tahun 2022 memberikan legasi menumbuhkembangkan karakter berkoperasi harus dilakukan secara massif dan sistematis”, jelas Susiwijono.

National Cooperative Summit ini diisi dengan Expo dengan menampilkan berbagai proses bisnis dan narasi yang bersifat pembelajaran/edukasi terkait koperasi untuk menumbuhkan kesadaran berkoperasi sejak dini. Expo ini dilaksanakan pada tanggal 20 s/d 22 Juli 2023, dimana booth akan menampilkan berbagai proses bisnis dan narasi yang bersifat pembelajaran/edukasi terkait Koperasi, untuk menumbuhkan kesadaran berkoperasi sejak dini serta Coaching Clinic Perkoperasian.

baca juga : Pembekalan ISMUBA SMA MUHI Bersama Bangun Kesuksesn yang Holistik dan Integratif

Tujuan diselenggarakannya event National Cooperative Summit 2023 adalah: Untuk menginternalisasi Gerakan koperasi sebagai soko guru ekonomi nasional di kalangan sekolah dan siswa, sebagai wahana edukasi menumbuhkembangkan kebanggaan berkoperasi di kalangan sekolah dan siswa, upaya mengenalkan koperasi secara menyeluruh dengan berbagai varian gerakan berkoperasi di kalangan sekolah dan siswa, untuk dapat mengubah persepsi dan mindset berkoperasi secara lebih positif di kalangan generasi muda khususnya di kalangan sekolah dan siswa dan agar Koperasi Sekolah melalui Koperasi Siswa kembali hidup dan berkembang dan menjadi wahana penanaman revolusi mental nilai kewirausahaan dan kemandirian melalui pendidikan dan sekolah.

Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga Kementerian Koordinator PMK, Didik Suhardi Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan bahwa internalisasi gerakan ayo berkoperasi yang dilakukan secara mendasar menyasar sekolah jenjang menengah (SMP/MTs, SMA/SMK/MA) memberikan legasi bahwasanya kesadaran berkoperasi harus dilakukan sejak dini.