oleh

Survei Selalu Teratas, Gerindra: Masyarakat Percaya Danny-Fatma

koranmakassarnews.com — Ketua DPC Gerindra Makassar, Eric Horas, yakin betul bisa memenangkan Pilwalkot Makassar 2020 melalui pasangan Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi. Pilihan masyarakat menurutnya sudah terarah untuk Danny-Fatma.

“Optimis, dong. Gerindra sangat yakin,” seru Eric di salah satu kafe di bilangan Jalan AP Pettarani, Kota Makassar, Senin malam (20/7/2020).

Anggota DPRD Kota Makassar ini menekankan bahwa itu bukanlah pernyataan sesumbar. Faktanya, sampai saat ini seluruh lembaga survei menempatkan pasangan ADAMA–jargon Danny Pomanto-Fatmawati–di posisi teratas. Padahal, survei itu dilakukan saat belum intens melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Saat ini bisa dilihat di semua survei untuk rating paling atas siapa. Indikatornya adalah survei karena ini adalah pemilihan terbuka. Saya rasa dari survei masyarakat sudah pintar, sudah melihat, siapa yang berpeluang menang,” beber lelaki yang jago jetski ini.

Eric menerangkan bahwa hasil survei yang selalu menempatkan ADAMA di posisi teratas menunjukkan masyarakat percaya pada kapasitas dan kapabilitas keduanya. Percaya bahwa mereka bisa menjalankan pemerintahan dengan baik.

“Kalau surveinya tinggi berarti kesukaannya masyarakat masih tinggi. Rasa percaya masyarakat kepada salah satu calon itu masih tinggi. Dan itu masih Pak DP dan Bu Fatma yang pegang,” beber Eric.

Eric juga sudah melihat peta kekuatan dan kemungkinan jumlah kandidat yang akan bertarung nanti. Tanpa mengesampingkan kekuatan mereka, lelaki berlatar belakang pengusaha ini yakin bisa memenangkan pertarungan. “Walau sekarang beberapa calon belum mengerucut secara pasti, tetapi secara prediksi bayangan itu sudah kelihatan. Melihat itu, saya sangat optimis,” ucap Eric.

Keyakinan itu karena Eric melihat Danny Pomanto maupun Fatmawati punya modal yang lebih baik dibanding calon lain. Ditambah lagi dengan bersatunya NasDem dan Gerindra untuk menopang mereka.

“Dengan dua partai besar yang akan bekerja, akan cukup untuk menang. Jika pada saat survei lalu sudah di kisaran hampir 40 persen, itu nanti bisa meningkat,” ujar Eric.

baca juga : Perkuat ADAMA, Gerindra Bangun Komunikasi dengan Parpol Lain

Hasil survei yang dirilis terakhir, Danny Pomanto-Fatmawati memang selalu berada paling atas. Seperti Profetik Institute yang merilis risetnya pada 30 Juni lalu. Elektabilitas Danny-Fatma berada di angka 36,4%. Setelahnya ada Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (29,8%) dan Syamsu Rizal-Fadli Ananda di urutan terakhir (17,64%). Sisanya belum menentukan pilihan sebesar 16,1%.

Sementara itu, hasil survei GSI yang rilis 28 Juni 2020, Danny Pomanto-Fatmawati mengantongi elektabilitas 36,8%. Disusul Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando 32,5%, Syamsu Rizal-Fadli Ananda 19,6%, dan Irman Yasin Limpo-Andi Yagkin Padjalangi 3,1%. (rilis kreatipma)