oleh

Tim Patroli SAR Yon A Pantau Daerah Rawan Banjir di Kota Makassar

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Pasca terjadinya bencana banjir di beberapa lokasi di Kota Makassar, Personel Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel terus melaksanakan Pemantauan debit air dengan berpatroli ketempat rawan bencana banjir yang berada di Kota Makassar, Minggu, (12/12/21)

Patroli SAR ini bertujuan untuk memberikan Rasa aman kepada masyarakat yang melaksanakan aktivitas, serta memantau perkembangan volume air yang berada di saluran air, sawah dan beberapa pintu pintu air khususnya di wilayah Kecamatan Biringkanaya dan Kec. Manggala Kota Makassar, tidak lupa tim SAR ini memberikan himbauan kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap cuaca yang sekarang telah sering terjadi hujan.

Dalam pengecekan yang dilaksanakan oleh tim patroli SAR Batalyon A Pelopor terlihat saluran air yang berada di Kecamatan Biringkanaya tidak ada kenaikan debit air yang dapat mengakibatkan banjir setelah diguyur hujan, air yang berada di saluran air pun mengalir dalam keadaan normal.

Disamping itu juga tim patroli SAR yang di awaki 6 orang personel dan dipimpin oleh Bripka Zaenal menghimbau kepada masyarakat yang berada di sekitar saluran air agar tetap waspada dengan cuaca yang sekarang sudah sering terjadinya hujan setiap harinya dan jangan membuang sampah sembarangan ke dalam saluran air agar tidak menyumbat pergerakan air.

baca juga : Dapur Lapangan Brimob Batalyon A Pelopor Siapkan Nasi Kotak Perhari Untuk Korban Banjir

Saat dimintai keterangan Komandan Batalyon A Pelopor AKBP Darminto membenarkan hal tersebut, pihaknya telah melaksanakan Patroli pemantauan debit air pasca terjadinya Banjir dibeberapa titik di Kota Makassar, hal ini dilaksanakan untuk mengantisipasi terjadinya banjir khususnya di 2 wilayah yang menjadi langganan banjir tiap tahunnya yaitu Kecamatan Biringkanaya dan Kecamatan Manggala dengan melaksanakan patroli sekaligus memberikan himbauan kepada masyarakat yang berada di lingkungan sekitar saluran air untuk selalu waspada jika terjadi hujan”, ucapnya.

“Kami juga sudah menyiapkan personil serta peralatan yang dimiliki oleh kesatuan jika terjadi suatu bencana yang membutuhkan personil dari anggota Brimob Batalyon A Pelopor, dan mereka sudah siap untuk digerakkan, itu sebagai wujud bhakti brimob untuk masyarakat”, tutup Darminto.

Terpisah, Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel, Kombes Muhammad Anis PS,S.I.K.,M.Si, mengemukakan patroli kawasan bencana menjadi salah satu giat rutin yang dilakukan Tim SAR Satbrimob Polda Sulsel.

“Kegiatan Patroli ini sudah menjadi rutinitas personel, selain itu, masyarakat juga tetap kita imbau berhati-hati dengan cuaca yang tidak menentu seperti saat ini,” tandasnya. (*)