oleh

Tingkatkan Pengelolaan Arsip, Pemkab Enrekang Luncurkan Aplikasi SRIKANDI

ENREKANG, koranmakassarnews.com — Pemerintah Daerah Enrekang meluncurkan aplikasi SRIKANDI pada acara Bimbingan Teknis dan Peluncuran Kegiatan ini dihadiri oleh admin Srikandi Dinas Kominfo-Statistik Enrekang, admin setiap OPD, pencatat surat per OPD, Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Enrekang, dan Unit Kearsipan arsiparis setempat, senin (04/11/23).

Bupati Enrekang Dr. H. Baba dalam sambutannya menyampaikan bahwa sistem informasi kearsipan dinamis secara terintegrasi berperan sangat penting dalam mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Kegiatan ini nantinya akan terlaksana sebagai bagian dari penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang sudah dirancang dan jaringannya sudah difungsikan antar OPD, tinggal lebih ditingkatkan terkoneksinya ke seluruh OPD.

Aplikasi SRIKANDI memiliki beberapa fitur seperti fitur penciptaan arsip meliputi pembuatan, penandatangan, pengiriman, dan penerimaan naskah dinas secara elektronik antar instansi pemerintah. Keberhasilan penerapan aplikasi ini terletak pada peran, kolaborasi, dan komitmen kuat seluruh stakeholder bersama OPD lingkup Pemda Enrekang dengan tenaga fungsional arsiparis yang ditempatkan di Kabupaten Enrekang.

baca juga : Perkuat Pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu dan Diskominfo Enrekang Tandatangani MoU

Selain itu, aplikasi SRIKANDI juga dapat membantu menumbuhkan budaya tertib arsip, transformasi digital dalam kearsipan, dan penyelenggaraan SPBE pada masa yang akan datang. Acara ini dihadiri juga oleh Plt. Kadis Pustaka dan Arsip Amrullah Batcho dan Andi Bachtiar dari Dinas Perpustakaan Sulsel yang menjelaskan bahwa aplikasi SRIKANDI sangat membantu dalam mendukung tata kelola pemerintahan berbasis elektronik.

Dalam acara tersebut, dilakukan penerapan contoh aplikasi menggunakan identifikasi telapak tangan oleh Pj. Bupati Enrekang sebagai penanda diluncurkannya aplikasi SRIKANDI untuk meningkatkan pengelolaan arsip pemerintah.(ZF)