oleh

UNK Sulsel Support UMKM Sulsel mendapatkan Sertifikat Halal Gratis Pemerintah

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Minggu, 11 September 2022 bertempat di ruangan meeting Green Cafe Lantai II Kota Makassar nampak beberapa UMKM antusias mendengarkan arahan pendamping dari PLUT Sulsel menjelaskan tata cara proses pendaftaran secara online mendaftarkan produknya mendapatkan sertifikat halal gratis.

Dimana program pemerintah ini bertujuan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi salah satunya dengan mendukung UMKM dengan memberikan fasilitas Sertifikat Halal Gratis melalui BPJPH sehingga UMKM bisa melebarkan pangsa pasarnya ke berbagai segmet dan ritel di Indonesia.

“Kegiatan ini atas kolaborasi antara DPD Komunitas UMKM Naik Kelas Prov Sulawesi Selatan (disingkat DPD UNK Sulsel) dan PLUT Sulawesi Selatan dalam menjembatani UMKM yang belum mengetahui dan mendapatkan informasi program SEHATI (sertifikat halal gratis)”, ungkap Abta Paonganan selaku Ketua DPD UNK Sulsel dan juga pengurus Dewan Ekonomi Indonesia Timur (DEIT) Sulsel Bidang UMKM.

Dia menambahkan DPD UNK Sulsel sudah membentuk Koperasi Pemasaran UMKM, “Target kita kedepannya melalui Koperasi, produk yang sudah siap masuk peritel salah satunya sudah memiliki sertifikat halal, kedepanya kita pasarkan melalui Koperasi untuk masuk ke ritel, mirip dengan model bisnis koperasi yang menjadi off taker di sektor pertanian, tapi belum full off taker karena kami baru memulai belum padat modal kerja, sedangkan model off taker tentunya dibarengi dengan modal kerja yang besar, semogalah pemerintah bisa mendukung kami kedepannya”, jelas Abta Paonganan.

Salah seorang peserta Ibu Ani (pelaku UMKM) yang mengikuti kegiatan ini mengungkapkan, “Saya pribadi sangat terbantukan dengan info dan ilmu serta fasilitas yang diberikan oleh panitia dalam kegiatan penyuluhan dan pendampingan pendaftaran sertifikat halal gratis”.

baca juga : Komunitas UMKM Appa Sulapa Sulawesi Bangga dengan Event F8, Momentum Kebangkitan Ekonomi Makassar

“Apalagi panitia tidak memungut biaya untuk mengikuti kegiatan ini dan pendamping sangat baik dan ramah membimbing kami. Terimakasih banyak” ungkap Ibu Ani.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua UNK Sulsel Abta Paonganan serta sambutan dari Kordinator kegiatan Rinisiola dan dilanjutkan pemaparan penyuluhan dan pendampingan oleh Ria dari PLUT Sulawesi Selatan. (*)