oleh

Amankan Unras Hari HAM Sedunia, Brimob Yon A Pelopor Turunkan 3 SSK

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel menggelar apel kesiapsiagaan untuk mengantisipasi dinamika keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) terkait adanya aksi demonstrasi dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia Sedunia.

Pelaksanaan apel kesiapan pengamanan aksi unjuk rasa dipimpin langsung Komandan Batalyon A Pelopor AKBP Darminto, S.Sos di lapangan Apel Mako Batalyon A Pelopor, Jalan Sultan Alauddin No.75 Kota Makassar, Jumat (10/12/2021) pukul 07.30 Wita.

Dalam Arahannya AKBP Darminto, S.Sos menyampaikan , “Tujuan apel kesiapan kali ini adalah untuk mengecek kesiapan pasukan, sarana prasarana, juga perlengkapan pendukung lainnya dalam rangka menghadapi agenda pengamanan Hari HAM Sedunia”.

Selain itu Darminto juga kembali mengingatkan kepada seluruh personel yang terlibat terkait cara bertindak sesuai dengan prosedur tetap (protap) juga penempatan anggota sesuai ploting, serta meminta anggotanya agar melakukan pengamanan sesuai dengan SOP pengamanan, harus tingkatkan Profesionalisme dalam pelaksanakan tugas dan hindari sikap arogansi dalam bertindak di lapangan serta kedepankan sikap Humanis.

“Kita harus siap jalankan tugas pelayanan juga pengamanan seperti yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum, ” ucap Darminto.

Lanjutnya, “Saya minta jangan ada tindakan represif yang berlebihan layani massa aksi dengan sabar sehingga kegiatan aksi bisa berjalan lancar sampai selesai”.

baca juga : Hingga Dini Hari, Tim SAR Batalyon A Pelopor Bantu Evakuasi Warga Masyarakat Korban Banjir

Darminto menambahkan Untuk mengantisipasi gejolak di lapangan, Dirinya akan terjun langsung memimpin 3 SSK Personel PHH Brimob Batalyon A Pelopor.

” dalam menghadapi perkembangan situasi dilapangan saya akan pimpin langsung dan mengontrol personel PHH yang berjumlah 3 SSK berkemampuan PHH” Ujar Darminto

Usai pelaksanaan apel kesiapan pengamanan tersebut, untuk menghindari kesalahan prosedur saat bertindak dilapangan Danyon A Pelopor AKBP Darminto, S. Sos didampingi Wadanyon A Pelopor AKP Darwis Daud Poku,S.H, Pasi Ops Batalyon A Pelopor Iptu DR. Taufik Iskandar, S.Sos.,M.Si dan Pasi Provos Batalyon A Pelopor Iptu Suhardi, S.Hi untuk melakukan pengecekan personel beserta kelengkapan yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan pengamanan.

Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis,PS,S.I.K.,M.Si, saat dikonfirmasi menjelaskan maksud dan tujuan apel tersebut adalah dalam rangka kesiapsiagaan anggota dalam mengantisipasi bencana ataupun situasi kamtibmas di Sulawesi Selatan Pada Umumnya dan di Kota Makassar Pada Khususnya.

“Melalui apel ini juga diharapkan kesiapsiagaan seluruh personel Brimob Sulsel menjadi lebih terukur dan siap kapan pun dan dimana pun apabila dibutuhkan kehadiran kita dalam siaga bencana alam ataupun keadaan kamtibmas, ini adalah bentuk bhakti brimob dan kehadiran brimob ditengah – tengah masyarakat,” tegas Muhammad Anis. (*)