oleh

Andi Muhammad Sadri Menjadi Ketua Terpilih Secara Aklamasi Dalam Musorkab KONI Soppeng

SOPPENG, koranmakassarnews.com — Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Soppeng menggelar Musyawarah Olahraga Kabupaten (musorkab) yang berlangsung di Hark Cafe Watansoppeng, Selasa (22/8/23).

Musorkab KONI dihadiri langsung Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak, Wakil Bupati Soppeng Lutfi Halide dan unsur Forkopimda selain itu hadir pula 26 pimpinan Cabang Olahraga yang ada di Kabupaten Soppeng

Adapun hasil Musorkab KONI Soppeng para peserta sepakat memilih secara aklamasi Andi Muhammad Sadri dimana sebelumnya panitia tim penjaringan melaporkan hasilnya dihadapan forum dan pimpinan sidang bahwa setelah tahapan dimulai hanya 1 bakal calon yang mendaftar hingga sesi pendaftaran ditutup pada 18 Agustus 2023 lalu.

Menurut caretaker Sekretaris Umum KONI Soppeng Attock Suharto dalam laporannya mengatakan bahwa musorkab KONI Soppeng yang mengangkat tema “KONI berdaya, olahraga berprestasi, Soppeng berjaya” sebagai bagian dari ikhtiar untuk melakukan reorientasi dan resposisi kepengurusan KONI Soppeng ke arah yang lebih baik.

“KONI berdaya, olahraga berprestasi, Soppeng berjaya diharapkan menjadi awal ikhtiar kami untuk menata organisasi agar jauh lebih baik dari sebelumnya”, terang Attock Suharto.

Sementara Bupati Soppeng dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengurus KONI jangan memanfaatkan organisasi untuk kepentingan pribadi.

“Kami mengingatkan bahwa kepengurusan KONI yang akan datang jangan lagi ada oknum-oknum yang ingin memanfaatkan organisasi ini untuk kepentingan pribadinya”, tegas ketua Golkar Soppeng itu.

Bupati dua periode itu juga mempersilahkan orang-orang yang sekedar numpang dan memanfaatkan organisasi itu untuk meninggalkan organisasi dan menyarankan agar diisi oleh orang-orang baru.

“Mungkin jauh lebih terhormat keluar dari KONI daripada tinggal didalam hanya untuk kepentingan pribadi, bukan tujuannya kepentingan pembinaan atlit dan cabang olahraga”, tambahnya.

Senada dengan apa yang diungkapkan Bupati, Ketua Umum KONI Sulsel yang diwakili oleh Sekretaris KONI Sulsel, Mujiburrahman. B menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten harus memiliki kewajiban memberikan pendanaan kepada KONI berdasarkan UU Keolahragaan No 11 tahun 2022 pasal 79.Pemerintah daerah harus senantiasa bersinergi dan berkolaborasi dengan organisasi KONI sebagai induk cabang olahraga.

“Berdasarkan perintah UU 11/2022 tentang sistim keolahragaan, dimana pemerintah berkewajiban untuk memberikan pendanaan kepada koni dalam rangka pembinaan prestasi olahraga”, kata Ketua caretaker ketua KONI Soppeng ini.

Sehingga, lanjut mantan anggota DPRD Makassar itu jika terjalin sonergi yang baik antara KONI dan pemerintah serta seluruh stakeholders olahraga di soppeng maka bisa Soppeng lebih berjaya seperti tema musorkab kita hari ini.

baca juga : Rakerprov KONI Sulsel, Cabor Desak Pergub 45 Tahun 2019 Segera Dicabut

“Jadi, kepada ketua terpilih nanti agar bisa bersinergi dengan pemerintan dan seluruh stakeholders olahraga untuk lebih meningkatkan prestasi olahraga bukan hanya di sulsel tapi juga kita berharap atlit dari soppeng bisa berjaya di nasional dan dunia”, imbuhnya.

Ditempat yang sama Ketua Terpilih, Andi Muhammad Sadri dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kolaborasi dari semua pihak, visi misinya yaitu KONI berdaya, Olahraga Berprestasi, Soppeng Berjaya.

“Motto ini diharapkan menjadi pelecut semangat bagi segenap insan olahraga di Kabupaten Soppeng”, harap Andi Muhammad Sadri. (*)