oleh

Batalyon A Pelopor Gelar Kegiatan Trauma Healing Untuk Anak Anak Pengungsi

MAMUJU, koranmakassarnews.com — Selain melakukan pencarian korban gempa di Sulawesi Barat serta pemberian bantuan logistik melalui dapur lapangan dan water treatment ditambah pelayanan kesehatan bagi para pengungsi, tim kemanusiaan Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel juga memberikan kegiatan trauma healing khususnya bagi anak-anak di tempat pengungsian.

Kegiatan trauma healing atau penyembuhan efek traumatis pasca bencana alam merupakan salah satu hal yang sangat vital guna mengembalikan semangat dan mental khususnya pada anak-anak yang berada di lokasi bencana tepatnya di Desa Sulai Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene.

Tim Trauma Healing yang dipimpin Ipda Muh. Fadly Said merupakan gabungan dari berbagai unsur seperti Personel Brimob Batalyon A Pelopor, Polres Majene, dan relawan PMI, dalam proses trauma healing biasanya dilakukan dengan metode mendongeng, bernyanyi hingga bermain yang mengalihkan fikiran anak-anak untuk melupakan kejadian bencana yang mereka alami.

Dalam kegiatan trauma healing diselipkan edukasi tentang bagaimana dalam bersikap saat terjadi bencana alam seperti untuk melindungi kepala, tidak panik, menghindari bangunan dan berkumpul dilapangan yang dikemas dalam sebuah nyanyian yang mudah diingat, yang nantinya diaharapkan dapat mengobati efek traumatis dengan cara bermain.