oleh

Baznas Makassar Serahkan Kursi Roda ke Penderita Stroke Asal Pulau Kodingareng

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Makassar seakan tak sepi dari berbagi kepada ummat dan keummatan. Kamis hari ini, setidaknya tiga kegiatan kemanusiaan yang dilakukan lembaga pemerintah nonstrukural ini. Pertama, sosialisasi instruksi walikota tentang zakat, infaak, dan sadakah di SMPN 10 Makassar, juga melunasi pinjaman Badari yang terlilit hutang di salah satu koperasi, dan penyerahan kursi roda kepada Rahmi– penderita kangker payudara, sekaligus mendeirita stroke.

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS Kota Makassar, H.Jurlan Em Saho’as, didampingi Kabid II, Ahmad Gunawan mengaku, selain Rahmi, pihaknya juga pernah menyerahkan bantuan yang sama kepada sejumlah penderita stroke.

“Jadi, sejak kami dilantik sebagai komisioner BAZNAS Kota Makassar (Ashar Tamanggong-ketua), Ahmad Taslim (wakil ketua I), dan Waspada santing-wakil ketua III), April tahun lalu (2021), kami bukan saja memprogramkan begitu banyak kegiatan yang sangat bersentuhan dengan kaum dhuafa. Dan dan diingat, kami tidak sekadar memprogram, melainkan merealisasikan program tersebut,” ujarnya, di ruang kerjanya jumat pagi ini (25/3/22).

Jurnalis yang juga sutradara film Air Mata Jendi ini menyebutkan, pihaknya sangat merespon keinginan keluarga Rahmi mendapatkan kursi roda.

“Dan, tidak menunggu lama, kami langsung menyerahkan kurtsi roda ini. Semoga kursi roda ini sedikit meringkan pasien dan keluarganya. Ini niat tulus dari BAZNAS membantu kaum dhuafa, dan tidak ada embel embel lain,” ujarnya, seraya menambahkan, Rahmi sangat layak menerima bantuan kursi roda dari BAZMNAS. Pasalnya, dia sudah termasuk dalam delapan asnaf, atau golongan penerima bantuan, seperti dipersyaratkan dalam Al-Qur’an.

baca juga : BAZNAS Sosialisasi Instruksi Walikota Tentang Zakat di SMPN 10 Makassar

Menyinggung tentang sumber dana, mantan wartawan Harian Pedoman Rakyat Ujungpandang yang juga magister Universitas Islam Makassar (UIM) ini mengaku, berasal dari donasi para Muzakki di ibukota Sulawesi Selatan ini.

“Tentunya, semua dana yang BAZNAS keluarkan untuk program yang ditujukan kepada kaum dhuafa, kesemuanya berasal dari para Muzakki yang menyerahkan zakat, infak, dan sadakahnya (ZIS) ke BAZNAS. Program BAZNAS lainnya adalah beasiswa (tahun ini 1000 orang), bantuan konsumtif bulanan, modal usaha, dan berbagai program lainnya yang tentunya bersentuhan dengan kaum dhuafa.

Seperti diketahui, penderitaan Rahmi cukup memprihatikan. Kangker payudara yang menggerogoti tubuhnya, menyebabkan lumpuh. Dia terbaring. Tidka bisa duduk, apalagi berdiri. Sebelumnya, Rahmi mengikuti Daeng Nasir-62 tahun–suaminya mencari nafkah sebagai buruh harian, hingga ke Sulawesi Tenggara. Di sana, dia mulai merasakan sakit.