oleh

Denny JA: Yang Tak memiliki Handphone di Indonesia Hanya 23,9 Persen

JAKARTA, koranmakassarnews.com — Dunia baru datang kepada kita melalui handphone. Tapi di Indonesia masih banyak yang tidak memiliki handphone. Dengan sendirinya, mereka tidak memiliki fasilitas dan akses yang disediakan oleh teknologi handphone.

Kita mulai dengan data. Ini survei LSI Denny JA, di bulan Agustus tahun 2023. Ternyata di Indonesia, mereka yang tidak memiliki handphone sebanyak 23,9%. Diantara empat orang Indonesia, satu orang tak memiliki handphone.

Jelaslah ini prosentase yang buruk. Prosentase yang tidak mempunyai handphone ini sangat tinggi jika kita bandingkan dengan negara-negara industri maju.

Di aneka negara industri itu umumnya yang tak memiliki handphone hanyalah di bawah 10%. Bahkan di beberapa negara yang tak punya handphone hanyalah di bawah 5%, seperti di Korea Selatan, di Israel, di Belanda dan di Swedia.

Pertanyaanya: mengapa? Mengapa mereka tak memiliki handphone? Jika alasannya karena itu pilihan pribadi, karena lifestyle yang ia pilih, atau karena itu filosofi hidupnya, itu sepenuhnya konsekuensi dan urusannya.

Sama seperti komunitas Amish di Amerika Serikat yang memilih tak ingin menggunakan listrik.

Yang menjadi masalah, jika mereka tak memiliki handphone karena kondisi ekonomi mereka yang tak cukup. Mereka tak punya uang lebih membeli pulsa dan lain sebagainya.

baca juga : Denny JA: Yang Membaca Minimal Satu Buku Tahun lalu di Indonesia Hanya 22,5 Persen

Atau jika mereka tinggal di wilayah yang teknologi belum sampai di sana untuk memberikan jaringan, memberikan sinya, itu menjadi masalah. Kondisi sosial ekonomi mengisolasi mereka.

Bersama handphone, datang kepada kita informasi terbaru, secara cepat sekali, soal ilmu pengetahuan, dan hal ihwal peristiwa. Handphone membawa perpustakaan dunia terbesar yang pernah ada.

Bersama Handphone, berkunjung pula fasilitas jaringan. Ini era bekerja dengan jaringan (network), yang diperlukan pelaku bisnis, politik, sosial dan budaya.

Handphone pun menjadi media penghubung komunitas. Interaksi melalui media sosial, dunia virtual, sharing pengalaman antar komunitas hobi, atau agama, atau profesi, jauh lebih cepat terjalin, dan lebih praktis.

baca juga : Selenggarakan Program Back to Campus, realme Tawarkan Potongan Harga Hingga Rp2 Juta untuk Produk Unggulan

Melalui handphone, juga tersedia begitu banyak peluang, yang semakin membuka dunia.

Dunia baru menciptakan “Handphone Gap, antara mereka yang memiliki handphone dan yang tak memiliki handphone.

Jarak dua dunia ini akan semakin lebar, baik secara ilmu pengetahuan, jaringan, komunitas dan peluang. Mereka yang tak memiliki handphone akan semakin tertinggal dan terisolasi dari dunia baru.

Penting kita mencari cara agar semakin banyak orang Indonesia memiliki handphone. Bukan memiliki benda kecil yang bisa digenggam itu, tapi dunia baru yang dibawa oleh benda kecil bernama Handphone itu.*