oleh

Dinas PU Makassar Tinjau Beberapa Lokasi Untuk Program Pelaksanaan Program DAK Integrasi

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar melakukan tahap awal peninjauan lokasi pada pelaksanaan Program Dana Alokasi Khusus (DAK) Integrasi tahun 2023, Selasa (11/7/2023), kemarin. Disebutkan, DAK Integrasi 2023 bakal menyentuh warga tiga RW di wilayah Kelurahan Bontorannu, Kecamatan Mariso.

Pada tinjauan lokasi ini, hadir pula tim dari Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Makassar, PDAM, Kelurahan, RT/RW dan Fasilitator. Arie Sadewa selaku PPTK Sanitasi Dinas PU Makassar mengatakan, peninjauan lokasi sekaligus dalam rangka koordinasi tim.

Arie menjelaskan, bahwa Program DAK Integrasi ini berupa kegiatan yang dilaksanakan secara integrasi, yakni pembangunan jaringan air bersih, sarana IPAL Komunal, jalan lingkungan, drainase dan bedah rumah.

“Dalam giat hari ini telah disepakati untuk memasang stiker kepada rumah calon penerima manfaat dari kegiatan ini serta penentuan titik lokasi penempatan tangki IPAL Komunal,” jelas Arie, Rabu (12/7/2023).

“Program DAK Integrasi ini menyentuh tiga lokasi RW, yakni RW 2, 3 dan 4 di Kelurahan Bontorannu, Kecamatan Mariso. Kami melakukan peninjauan lokasi sekaligus koordinasi langsung di lapangan bersama stakeholder terkait dalam rangka persiapan pelaksanaan program pusat ini,” sambungnya.

baca juga : Dinas PU Makassar Kaji Perencanaan Pembangunan Toilet Pada Konter

Di tempat yang sama, Irma Yanti selaku Kepala Bidang Bina Teknik Dinas PU Makassar berharap dengan program ini dapat mengubah wajah Kelurahan Bontorannu, khususnya di pinggiran kanal yang tadinya kumuh menjadi lebih baik dan tertata.

“Kami harap dengan ‘program keroyokan’ sejumlah persoalan, seperti susah air, perilaku BAB sembarangan, kanal jadi TPS, jalan lingkungan sempit, tidak ada drainase lingkungan, rumah-rumah yang tidak layak huni, menjadi lebih baik dan tertata dengan sarana prasarana lingkungan yang baik menuju ‘Makassar Kota Sehat’,” harap Irma Yanti. (*)