oleh

Dispora Gandeng KNPI Makassar Beri Motivasi Kepemimpinan Pemuda

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar menggelar kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Pemuda Kota Makassar di Hotel Aerotel Smile Makassar, Kamis (25/11/2021).

Kegiatan tersebut menggandeng Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Makassar dan dihadiri oleh sekitar 150 aktivis pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan yang ada di Kota Makassar.

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Makassar, Husni Mubarak, menuturkan kegiatan tersebut merupakan upaya Pemerintah Kota Makassar untuk mencetak pemuda yang memiliki kualitas kepemimpinan yang baik agar ke depan dapat memberikan kontribusi positif untuk kemajuan kota Makassar.

“Ke depan pemuda lah yang diharapkan berperan penting dalam pembangunan daerah sehingga perlu ditingkatkan kualitas SDM nya dari sekarang,” ujar Husni.

Acara tersebut menghadirkan Dr Hari SH MH Sekretaris Kesbangpol selaku pemateri terkait Kapasitas Individu dalam Menampilkan Peran Kepemimpinan Organisasi.

baca juga : KNPI Makassar Tanamkan Semangat Nasionalisme ke Maba Teknik UPRI

“Seorang pemimpin harus memiliki karakter diantaranya visi yang jelas, pandai berkomunikasi dengan baik, bertanggung jawab dan mampu memahami karakter anggota yang dipimpinnya. Dengan begitu program organisasi yang dipimpinnya dapat berjalan maksimal,” ujar Hari.

Adapun narasumber lainnya yakni Ketua Harian KNPI Kota Makassar Akbar Hadi membawakan materi Gaya Kepemimpinan Efektif dalam Organisasi. Ahad sapaan Akbar Hadi menerangkan beberapa hal efektif.

“Dalam menentukan gaya kepemimpinan efektif perlu dilakukan analisa terutama kapabilitas anggota, dari situ pemimpin bisa memilih pola pengorganisasian yang bisa diarahkan sesuai visi misi organisasi yang dipimpin,” ungkap Ahad. (*)