oleh

Gemakan Pencegahan Narkoba, GANAS ANNAR MUI Sambangi KPID Sulsel

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Gerakan Nasional Anti Narkoba (GANAS-ANNAR) Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Selatan, terus menggemakan gerakan pencegahan Narkoba. Gerakan yang dipimpin Dr.Waspada Santing,M.Sos, M.HI ini, akan terus melakukan manuver dan kerjasama dengan pemuka agama, akademisi, pemerintahan, serta lembaga terkait.

Selasa, 5 April hari ini misalnya, Waspada Santing bersama tim, menyambangi Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan. Tujuan mereka, membicarakan kerjasama melalui literasi anti Narkoba lewat lembaga penyiaran di Sulawesi Selatan.

“Literasi ini nantinya, akan dilakukan dalam bentuk Iklan Layanan Masyarakat (ILM), talk show, dan ragam bentuk siaran lainnya, pada 107 lembaga penyiaran legal di Sulsel. Komitmen kerjasama itu akan diwujudkan secara formal dalam bentuk MoU,” ujar jurnalis kawakan yang juga akademisi ini.

Di hadapan Ketua KPID Sulsel, Muhammad Hasrul Hasan, SE., MM bersama para komisioner lainnya, Pendiri/Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Majalah Panji Umat MUI Sulsel dan sederet media lainnya memulai pembicaraan, dengan memperkenalkan tim yang datang bersamanya. Mulai dari AKBP Yusni, SH, MH, Prof. Dr. Sukardi Weda, Jamaluddin, SKM, Dr. Zulkifli Makkawaru—masing masing sebagai wakil ketua. Turut serta, anggota Bidang IT, Zulkifli, dan AKBP (Purn) H. Achmadi.

Sebagai tamu, alumni Fakultas Syariah IAIN Alauddin Makassar, 1985 ini mengurai berbagai hal, utamanya berkaitan dengan permasalahan Narkoba dan upaya pemberantasannya.

Menurutnya, penyalahgunaan Narkotika dan obat-obatan berbahaya lainnya, atau Narkoba di tanah air, termasuk di Sulawesi Selatan, menjadi bom waktu. Pasalnya, peredarannya sudah sampai di tempat-tempat yang justru dianggap aman. Sebut saja sekolah, kampus, bahkan rumah-rumah ibadah pun tak luput dari barang haram ini.

Peredarannyapun, demikian Magister Dakwan dan Komunikasi (2009) juga di IAIN Alauddin Makassar ini, dilakukan dengan berbagai macam cara. Ada yang dijadikan permen, serta dicampurkan dalam adonan cookies. Ada pula, yang disembunyikan dalam bungkusan ikan asin, dan lainnya.

baca juga : KPID Beri Penghargaan Walikota Makassar, Sebagai Inisiator Rekor Khotbah Jumat Seragam Tingkat Sulsel

Karena itu, seluruh jajaran GANAS ANNAR MUI Sulsel yang dipimpinnya,telah menyatakan tekad ‘Perang Terhadap Narkoba”. “Ternyata “perang terhadap narkoba “ ini telah mendapat tanggapan positif dan dukungan dari berbagai kalangan, termasuk lembaga keagamaan, hingga Majelis Ulama Indonesia.

“GANAS ANNAR, bukan saja berkeinginan menurunkan angka pengguna Narkoba, di Sulawesi Selatan, namun sekaligus memberantas penyalahgunaannya hingga ke akar akarnya. Untuk itu, perlu sinergitas seluruh komponen, bersama stakeholder, berkolaborasi untuk mengkampanyekan gerakan ‘war on drugs’, atau perang terhadap Narkoba sejak dini. Dan, salah satunya, dengan melibatkan KPID Sulsel,” harap lelaki Bugis, kelahiran Mandatte, Enrekang, 1963 itu.