oleh

Gubernur Sulsel Buka Resmi Anging Mammiri Creative Festival (AMCF) 2020

koranmakassarnews.com — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan event pameran UMKM dengan tajuk ‘Anging Mammiri Creative Festival (AMCF) 2020 pada tanggal 7 s.d. 9 Oktober 2020 secara semi virtual.

Penyelenggaraan event AMCF 2020 ini bersamaan dengan dihelatnya event Karya Kreatif Indonesia (KKI) di Jakarta yang merupakan event flagship Bank Indonesia dalam pengembangan UMKM di Indonesia.

Seremoni AMCF 2020 dilaksanakan setelah seremoni pembukaan KKI 2020 oleh Ibu Wakil Presiden dan Gubernur Bank Indonesia di Jakarta.

Mengusung tema ‘UMKM Majic’ (MAju di Jaman pandemIC), seremoni pembukaan dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan, dan dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan dalam AMCF 2020 seperti fashion show oleh desainer, serta pertunjukan menarik lainnya.

Dalam AMCF 2020 juga akan ditampilkan sejumlah UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia Sulawesi Selatan, Dewan Kerajinan Nasional Daerah, dan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan, selama event berlangsung dari tanggal 7 s.d 9 Oktober 2020.

Dengan tetap memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan, Bank Indonesia menggelar AMCF 2020 secara semi virtual. Pameran UMKM akan ditampilkan dalam platform marketplace nasional Blibli.com.

Meskipun demikian booth fisik UMKM tetap digelar dengan undangan terbatas. Diharapkan melalui kerja sama dengan marketplace nasional tersebut, terjadi transaksi-transaksi jual beli secara digital dengan pemanfaatan berbagai alternatif pembayaran non tunai baik yang melalui perbankan maupun sistem pembayaran lainnya.

Rangkaian kegiatan AMCF 2020 selama tiga hari ke depan terdiri dari webinar series, barista competition, lelang koleksi fashion designer dan pertunjukan kesenian yang akan diramaikan oleh artis-artis nasional dan daerah.

Penampilan penyanyi Andmesh serta sejumlah musisi daerah, pertunjukan atraksi oleh Rommy Rafael, lelang koleksi fashion designer Deden Siswanto, dan kompetisi barista kopi menjadi agenda yang sayang unuk dilewatkan.

baca juga : Anging Mamiri Creative Festival (AMCF) 2020 Jaga Kebangkitan dan Ketahanan UMKM di Era Pandemi

Selain itu dibuka pula berbagi sesi webinar dalam rangka peningkatan kapasitas UMKM yang antara lain mengangkat topik perencanaan keuangan, pemasaran online, optimalisasi marketplace, teknik foto dan videografi produk, hingga model bisnis usaha kecil berdikari.

Diharapkan event AMCF ini menjadi momentum transformasi bagi usaha mikro, kecil, dan menengah untuk dapat berkembang di tengah situasi pandemi ini dan ‘MAJIC’ (MAJu di jaman pandemIC).

Selain itu, juga turut meningkatkan transaksi UMKM melalui pemanfaatan berbagai media digital serta penggunaan channel pembayaran digital yang dapat mendukung perluasan akses pasar dan meningkatan efisiensi dalam proses transaksi.