oleh

IKA SMANLI Gelar Raker Sekaligus Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Nurul Tarbiyah SMAN 5 Makassar

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Ikatan Alumni SMA Negeri 5 (SMANLI) Makassar menggelar rapat kerja pengurus tahun 2024  bertema, “Solid Peduli Sinergi” di Aula SMAN 5 Makassar, Sabtu, 30 Maret 2024. Kegiatan tersebut dibuka langsung Ketua Umum IKA SMANLI, H. Andi Rukman N. Karumpa, SE.

Raker yang dimulai pada pukul 15.30 hingga 19.00 Wita ini dipimpin Ir. H. Islamuddin Wahid selaku Ketua Panitia raker dan dipandu Sekjen IKA SMANLI Mujiburrahman. B, S.Ssos.I, M.SI dan Koord. Steering Committee Hj. Andi Reski Puspita Ayu, S.PI, M.SI .

Raker IKA SMANLI diikuti sebanyak 58 peserta yang terdiri dari jajaran pengurus IKA SMANLI Makassar dan perwakilan IKA dari masing-masing angkatan.

Dipertengahan raker, Ketua Umum IKA SMANLI, H. Andi Rukman N. Karumpa, SE menyerahkan hasil raker dan mengamanahkan Ketua Harian IKA SMANLI Makassar, Ir. Andi Yulham Malabireng untuk membantu mengimplementasi program yang sudah direncanakan.

“Rapat kerja ini telah menyepakati beberapa program kerja  yang dapat melibatkan seluruh angkatan sebagai pilar utama IKA SMANLI Makassar”, ucap Ketua Panitia, H. Islamuddin Wahid.

Ditempat yang sama Wakil Ketua Umum Bidang IV IKA SMANLI, Husain Muslimin berharap simpul-simpul komunitas IKA SMANLI seperti SMANLI Badminton Club, Passapeda, Marhaban VG dan Srikandi VG dapat menjadi penguat atas eksistensi alumni SMANLI di tengah masyarakat.

Salah satu program utama yang disepakati dalam rapat kerja ini adalah pembangunan masjid yang berada di area sekolah sebagai bentuk Program Swadaya Mandiri Alumni dan Sekolah.

“Pembangunan masjid ini merupakan bentuk peningkatan fungsi aula, dimana lantai dasar (satu) tetap dipertahankan sebagai gedung serbaguna, lantai 2 akan dibangun masjid yang peruntukkannya nanti dapat digunakan oleh siswa dan masyarakat umum disekitar sekolah”, ungkap Ketua Umum IKA SMANLI, Andi Rukman Karumpa.

Sekjen Gapensi ini juga menambahkan pada raker ini, DPP IKA sudah menyiapkan susunan kepanitiaan pembangunan masjid yang didalamnya berisi pihak-pihak yang berasal dari alumni dan sekolah.

Sementara di sela-sela sambutan raker, Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Makassar, Dr. Sudirman Kadir, S.Pd, MM menyambut baik rencana IKA dan menitipkan untuk tetap menggunakan nama “Masjid Nurul Tarbiyah SMAN 5 Makassar”, yang sejarahnya dimulai dari mushollah kecil yang berada di sekolah.

Dalam sesi presentase raker, Bidang Perencanaan Pembangunan Masjid, Ir. H. Ruslan Hasan, MM mengatakan Detail Engineering Design (DED) masjid sementara dalam tahap pra rencana dan masih membutuhkan olahan bentuk. “Harapan kami dalam waktu dekat sudah bisa di publish. Inshaa Allah Pembangunan Masjid bisa dimulai di awal bulan Mei tahun ini,” kata Ruslan.

“Untuk diketahui, Masjid Nurul Tarbiyah yang akan dibangun terletak persis disebelah gedung sekolah bagian depan. Untuk pengembangan Gedung Aula lantai dasar (satu) dengan peruntukan lantai dua sebagai masjid memiliki ukuran 14m x 17m,  dengan kapasitas tampung 340 jamaah pria. Sedangkan lantai tiga (lantai 2 setengah) dengan ukuran 7m x 17m, dengan kapasitas tampung 140 jamaah wanita,” sambung Ruslan.

baca juga : Sukses Digelar, ARN Beri Apresiasi Reuni Perak IKA SMAN 5 Makassar Angkatan 98

Usai raker IKA SMANLI tahun 2024 dilanjutkan dengan acara peletakan batu pertama Masjid Nurul Tarbiyah SMAN 5 Makassar meski tengah rintik hujan sore tidak menyurutkan semangat para alumni dan guru-guru sekolah untuk berjalan menuju ke lokasi peletakan batu pertama pembangunan masjid.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim peletakan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Tarbiyah SMAN 5 Makassar dinyatakan dimulai,” ucap Ketua Umum IKA SMANLI,

Ketua Panitia Pembangunan Masjid Nurul Tarbiyah SMAN 5 Makassar Ir. H. Sukardi Haseng mengatakan “Keberadaan Masjid Inshaa Allah  akan menjadi  wahana pembinaan ummat dan siswa demi terwujudnya masyarakat dan peserta didik yang berakhlakul karimah”.

Dipenghujung acara peletakan batu pertama,  Ketua Harian IKA SMANLI Makassar, Ir. Andi Yulha M mengatakan “program swadaya mandiri Alumni dan sekolah  untuk pembangunan masjid ini diharapkan dapat memberikan stimulus dalam bentuk bantuan, baik berupa donasi sumbangan sukareka, donasi material dan ide-ide dalam proses Pembangunan nanti dan tidak menutup kemungkinan support dari stakeholder,”.

Usai peletakan batu pertama dilanjutkan dengan acara Buka Puasa Bersama di Aula Mini Sekolah dengan suasana silaturahmi yang hangat antara alumni dan guru sekolah. (*)