oleh

Ini 4 Pertarungan di Pilpres 2024, Isu Ekonomi Paling Ditunggu

-000-

Bagian 5: Cawapres dalam Isu Ekonomi 

Tiga dari delapan cawapres potensial punya jejak ekonomi, yaitu: Airlangga Hartarto, Erick Thohir, dan Sandiaga S Uno. Mereka ketiganya adalah cawapres dengan pengalaman pemerintahan yang berhubungan dengan ekonomi juga pengusaha.

Lima cawapres lain tak ada jejak kemampuan ekonomi, yaitu :Mahfud MD, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Muhaimin Iskandar, Khofifah Indar Parawansa, dan Said Aqil Siradj. Lima cawapres ini tak berhubungan langsung dengan ekonomi.

Keunggulan Airlangga Hartarto dibanding Erick Thohir dan Sandiaga Uno, disamping pengalaman pemerintahan dan pengusaha, Airlangga Hartarto juga merupakan ketua umum partai terbesar kedua.

Ketika pertarungan isu ekonomi yang paling ditunggu oleh pemilih, cawapres yang memiliki pengalaman dengan isu ekonomi lebih diuntungkan.

-000-

Kesimpulan :

Terdapat sembilan kesimpulan dari rilis LSI Denny JA kali ini.

Pertama, setelah pandemi, pentingnya isu “strong leader untuk tumbuhkan ekonomi” semakin tinggi.

Kedua, Ganjar Pranowo yang bersaing dengan Prabowo untuk populasi umum. Tapi di segmen masyarakat yang mendambakan “isu strong leader tumbuhkan ekonomi,” posisi Ganjar merosot ke nomor 3. Sebaliknya untuk isu “kedekatan dengan media,” posisi Ganjar naik ke nomor satu.

Ketiga, istilah petugas partai melemahkan Ganjar, membuat kesan ia bukan pemimpin pengendali tetapi hanya boneka dari ketum partainya.

Keempat, Prosentase orang miskin di Jawa Tengah, yang diatas prosentase kemiskinan di Indonesia, juga melemahkan kesan dan citra Ganjar untuk mampu menumbuhkan ekonomi Indonesia jika ia menjadi presiden.