oleh

Kadisnakertrans Luwu Gagas Rancangan Layanan Pencari Kerja Terintegrasi

LUWU, koranmakassarnews.com — Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Luwu Ir. H. Saiful Abdul Latief, S.T, M.M kini sedang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II (PKN 2) Angkatan VII pada Pusat Pelatihan dan Pengembangan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang LAN) Makassar yang diselenggarakan dari Maret hingga Juli 2021

Pada PKN 2 tersebut, H. Saiful Abdul Latief menggagas sebuah rancangan proyek perubahan Layanan Pencari Kerja Terintegrasi (LANCAR ASI).

“ini adalah suatu terobosan dalam pelayanan ketenagakerjaan dengan mengintegrasikan beberapa jenis layanan dalam satu alur/sistem pelayanan. Layanan keterampilan tenaga kerja, penerbitan kartu kuning (AK/1), penempatan tenaga kerja pada suatu perusahaan akan saling terintegrasi sehingga memudahkan pencari kerja dalam memperoleh dokumen ketenagakerjaan (sertifikasi pelatihan, kartu kuning, surat rekomendasi penempatan kerja) dalam waktu bersamaan secara gratis”, kata Saiful, rabu (12/5/21).

Melalui program LANCAR ASI ini, pola pelayanan yang dilaksanakan selama ini dimana para pencari kerja yang telah selesai mengikuti pelatihan di UPTD BLK hanya mendapatkan sertifikat pelatihan saja, dan untuk mendapatkan kartu kuning pencari kerja harus kembali mengurus di kantor Disnakertrans Kab. Luwu.

“Olehnya itu akan dilakukan integrasi pelayanan pada unit-unit layanan yang ada agar pencari kerja memperoleh dokumen ketenagakerjaan secara bersamaan dan gratis alias tidak dipungut biaya”, tambahnya.