oleh

Ketua Umum PP Muhammadiyah Resmikan Perpustakaan dan Ruangan BK SMA MUHI

YOGYAKARTA, koranmakassarnews.com — Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si meresmikan hasil renovasi ruangan Bimbingan Konseling dan ruangan Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Kegiatan peresmian ini dilaksanakan Senin, 18 September 2023 pukul 12.30 WIB di Kantor PP Muhammadiyah Jalan Cik Ditiro 23 Yogyakarta ditandai dengan penandatanganan 2 prasasti oleh Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si. Hadir dalam acara ini Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. H. Abdul Mu’ti, M.Ed. didampingi Kepala SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Drs. H. Herynugroho, M.Pd.

Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si. berterimakasih kepada SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang terus mengembangkan diri dan beradaptasi untuk menjadi institusi pendidikan Muhammadiyah yang berkemajuan dan selalu mengikuti perkembangan zaman. Harapan Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si. adalah agar Perpustakaan dan Ruangan Bimbingan Konseling ini dapat berfungsi sebagai pusat pengembangan moral dan nilai-nilai masyarakat.

Dengan demikian, gedung tersebut dapat menjadi tempat dakwah yang mengedepankan perdamaian, ketenangan, dan pendidikan bagi masyarakat. Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si. dalam tausiyahnya menerangkan bahwa pembangunan ini menunjukkan hal yang luar biasa. Tepatnya, melambangkan jiwa dan orientasi tindakan Muhammadiyah yang memang haus akan kemajuan serta Muhammadiyah memiliki etos kemajuan yang selalu ingin maju.

Terkait perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Ketua PP Muhammadiyah memberi ilustrasi bagaimana banyak pihak yang memberikan perhatian yang serius dengan kepustakaan. Sudah saatnya sekolah menyediakan perpustakaan dengan fasilitas yang sangat excellence sehingga membuat orang nyaman membaca didalamnya.

“Interior perpustakaan SMA Muhi Yogyakarta kini semakin modern dan lengkap fasilitasnya. Sekolah Muhammadiyah memang seharusnya membangun perpustakaan sebagai pusat peradaban”, pungkas Haedar Nashir.

Menurut Abdul Wahid Aziz, A. Md. selaku kepala Perpustakaan SMA Muhi, penataan zoning dan sirkulasi ruang di Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sudah lancer dan luas ruangan sudah memadai untuk menampung perabot. Penggunaan warna dan elemen pembentuk ruang di Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sudah memberikan kenyamanan pandangan saat membaca.

baca juga : SMA MUHI Yogyakarta Gelar Seminar Nasional Untuk Guru Bimbingan Konseling

Penerapan warna pada dinding dan plafon juga sudah memberikan kenyamanan. Tata kondisi ruang di Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang terdiri dari tata suara, pencahayaan, dan penghawaan sudah di desain memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

“Saat ini perpustakaan telah memiliki fasilitas perpustakaan layanan sirkulasi, layanan broadcasting, layanan culture and history corner, layanan Muhi corner, layanan Muhammadiyah corner, layanan internet, layanan KBM yang dapat menampung 3 kegiatan KBM, layanan mini teater, layanan repository dan layanan perpustakaan digital. Kini perpustakaan ini telah meraih prestasi sebagai perpustakaan sekolah terbaik tingkat nasional tahun 2016 dan memiliki lebih dari 11.000 koleksi buku” paparnya.