oleh

LSI Denny JA : Jika Anies Gagal Raih Tiket Capres, Head to Head Prabowo Versus Ganjar

Jika Partai Demokrat atau Nasdem tak lagi mencalonkan Anies, tiket capres Anies gagal di dapat. Tanpa kehadiran salah satu partai itu, koalisi perubahan tak mencapai minimum 20% untuk pencalonan presiden.

Partai Nasdem saat ini (2019-2024) mempunyai kursi di DPR RI sebanyak 59 kursi ini setara dengan 10.26%. Sedangkan Partai Demokrat mempunyai kursi di DPR RI sebanyak 54 kursi, ini setara 9.39%. PKS memiliki kursi di DPR RI sebanyak 50 kursi, ini setara 8.70%.

Jumlah kursi dari Nasdem, Demokrat, dan PKS yang menamakan sebagai koalisi perubahan sebanyak 163 kursi, ini setara dengan 28.35%.

Apa yang terjadi jika hanya head to head Prabowo versus Ganjar, karena Anies batal jadi capres 2024? Siapa yang unggul: Prabowo atau Ganjar? Di segmen mana saja mereka menang dan kalah?

Bagian 2: Pilpres Satu Putaran Prabowo vs Ganjar

Head to Head Prabowo versus Ganjar, menempatkan Prabowo sebagai pemenang dengan selisih 7.2%. Prabowo elektabilitasnya sebesar 50.4%, Ganjar elektabilitasnya sebesar 43.2%. Sebesar 6.4% menyatakan tidak Tahu/tidak Jawab.

Posisi dukungan capres tertutup tiga nama (Prabowo, Ganjar, Anies), Prabowo unggul tipis dengan 33.9%. Ganjar di angka 31.9%. Anies sebesar 20.8%. Prabowo menang dengan selisih 2.0% saja di atas Ganjar. Kemenangan Prabowo atas Ganjar lebih telak ketika head to head. Selisih kemenangan Prabowo atas Ganjar naik, dari selisih 2.0% menjadi selisih 7.2%.

Mengapa terjadi peningkatan elektabilitas Prabowo ketika head to head dengan Ganjar? Hal ini terjadi karena migrasi pemilih Anies yang tak berimbang. Mayoritas pendukung Anies lebih banyak berpindah ke Prabowo dibanding migrasi ke Ganjar.

baca juga : Ini 4 Pertarungan di Pilpres 2024, Isu Ekonomi Paling Ditunggu

Sebesar 50.8% pendukung Anies, berpindah ke Prabowo. Sementara pendukung Anies yang berpindah ke Ganjar hanya separuhnya: 25.4%. Kemenangan Prabowo atas Ganjar paling tinggi di segmen pendapatan dibawah dua juta perbulan.

Di segmen ini, Prabowo elektabilitasnya mencapai 51.4%. Ganjar di segmen ini elektabilitasnya sebesar 41.4%. Prabowo menang di segmen pendidikan tamat SD ke bawah, dan pendidikan tamat D3 keatas. Ganjar menang di segmen pendidikan tamat SMP sederajat, dan SMA sederajat.

Kemenangan Prabowo atas Ganjar paling tinggi di segmen tamat SD kebawah. Prabowo mencapai 56.4%. Ganjar di segmen ini hanya sebesar 37.1%. Kemenangan Ganjar atas Prabowo paling tinggi di segmen tamat SMA sederajat. Ganjar mencapai 47.7%. Prabowo memperoleh 45.4%.