oleh

LSI Denny JA Juli 2023, Melebarnya Jarak Elektabilitas Prabowo vs Ganjar

๐—•๐—ฎ๐—ด๐—ถ๐—ฎ๐—ป ๐Ÿฎ: ๐——๐—ถ๐˜€๐˜๐—ฟ๐—ถ๐—ฏ๐˜‚๐˜€๐—ถ ๐—ฃ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฏ๐—ผ๐˜„๐—ผ ๐˜ƒ๐˜€ ๐—š๐—ฎ๐—ป๐—ท๐—ฎ๐—ฟ ๐—ฑ๐—ถ ๐—•๐—ฒ๐—ฟ๐—ฏ๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐—ถ ๐—ฆ๐—ฒ๐—ด๐—บ๐—ฒ๐—ป ๐—ฃ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—น๐—ถ๐—ต

Pilihan partai versus capres ๐˜ฉ๐˜ฆ๐˜ข๐˜ฅ-๐˜ต๐˜ฐ-๐˜ฉ๐˜ฆ๐˜ข๐˜ฅ memperlihatkan Prabowo unggul di semua pemilih partai kecuali di pemilih PDIP.

Prabowo unggul di pemilih Gerindra, Golkar, PKB, Nasdem, PKS, Demokrat, PAN, PPP dan partai lainnya. Dukungan terhadap Prabowo di pemilih partai Gerindra merupakan yang tertinggi sebesar 93.3%.

Di pemilih PDIP, Ganjar yang unggul. Dukungan terhadap Ganjar di pemilih PDIP sebesar 81%.

Dari sisi penganut agama, Prabowo unggul di pemilih Islam. Dukungan pemilih Islam terhadap Prabowo sebesar 54.7%. Dukungan pemilih Islam terhadap Ganjar sebesar 38.9%.

Di penganut agama non-Islam, Ganjar unggul atas Prabowo. Dukungan non-Islam terhadap Ganjar sebesar 62.6%. Dukungan non-Islam terhadap Prabowo sebesar 30.9%.

Prabowo Subianto

Untuk pemilih penganut non-Islam, Prabowo tertinggal cukup jauh, di atas 30 persen. Ini jarak elektabilitas yang sangat signifikan.

Dari sisi gender, Prabowo unggul di pemilih laki-laki maupun perempuan. Di pemilih laki-laki, dukungan terhadap Prabowo sebesar 53.0%. Dukungan terhadap Ganjar sebesar 41.7%.

Di Pemilih perempuan dukungan terhadap Prabowo sebesar 51.1%, Dukungan terhadap Ganjar 41.5%.

Dari lima provinsi terbesar, Prabowo unggul di tiga provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten.

Dukungan terhadap Prabowo di Jawa Barat 65.7%. Dukungan terhadap Prabowo di Jawa Timur sebesar 44.4%. Dukungan terhadap Prabowo di Banten sebesar 60.0%.

baca juga :ย Hadir di Makassar, Prabowo: Saya Angkat Topi, Salut dengan Apeksi dan Tuan Rumah

Ganjar unggul di dua provinsi yaitu Jawa Tengah dan DKI Jakarta. Basis dukungan Ganjar berada di Jawa Tengah dengan dukungan sebesar 65.9%. Dukungan terhadap Ganjar di DKI sebesar 39.8%.

Bagaimana peta dukungan di Jawa dan luar Jawa? Di pulau Jawa yang meliputi semua provinsi yang ada di pulau Jawa, Ganjar unggul atas Prabowo sebesar 0.1%. Dukungan terhadap Ganjar sebesar 45.7%. Dukungan terhadap Prabowo sebesar 45.6%.

Untuk provinsi Jawa bisa dikatakan per -Juli 2023, dukungan untuk Prabowo dan Ganjar seimbang, hanya selisih 0,1 persen. Sumber keunggulan Ganjar di Jawa Tengah memang sangat mencolok.