oleh

LSI Denny JA Juli 2023, Melebarnya Jarak Elektabilitas Prabowo vs Ganjar

๐˜ฝ๐™ก๐™ช๐™ฃ๐™™๐™š๐™ง ๐™ ๐™š๐™š๐™ข๐™ฅ๐™–๐™ฉ, ๐™‚๐™–๐™ฃ๐™Ÿ๐™–๐™ง ๐™™๐™ž๐™–๐™ฃ๐™œ๐™œ๐™–๐™ฅ ๐™˜๐™–๐™ฌ๐™š-๐™˜๐™–๐™ฌ๐™š โ€œ๐™ข๐™š๐™ฃ๐™š๐™œ๐™ช๐™งโ€ ๐™‹๐™… ๐™‚๐™ช๐™—๐™š๐™ง๐™ฃ๐™ช๐™ง ๐˜ฟ๐™†๐™„ ๐™…๐™–๐™ ๐™–๐™ง๐™ฉ๐™–.

Komentar yang muncul dalam analisa kualitatif misalnya, Ganjar dianggap berlagak seperti Presiden ketika ia menelepon PJ Gubernur Jakarta menyampaikan keluhan pedagang Pasar Warakas Tanjung Priok.

Sekali lagi, Ganjar Pranowo juga sudah memberikan penjelasan. Ia hanya menyampaikan keluhan dari warga yang ia jumpai. Apa salahnya?

Tapi di era menjelang pemilu presiden, langkah seorang Capres akan selalu menjadi sorotan.

Mayoritas publik menganggap Ganjar, sebagai sesama Gubernur, tak seharusnya menyampaikan keluhan ke PJ Gubernur Jakarta. Sebanyak 74.7% menganggap Ganjar tak pantas menyampaikan keluhan itu. Hal ini karena โ€œcawe-caweโ€ Ganjar terhadap PJ Gubernur Jakarta tersebut terpublikasi.

Di sisi lain, dua langkah cantik Prabowo ikut memperlebar elektabilitas ๐˜ฉ๐˜ฆ๐˜ข๐˜ฅ-๐˜ต๐˜ฐ-๐˜ฉ๐˜ฆ๐˜ข๐˜ฅ dengan Ganjar.

JK dan Prabowo

๐™‡๐™–๐™ฃ๐™œ๐™ ๐™–๐™ ๐™˜๐™–๐™ฃ๐™ฉ๐™ž๐™  ๐™ฅ๐™š๐™ง๐™ฉ๐™–๐™ข๐™–: ๐™‹๐™ง๐™–๐™—๐™ค๐™ฌ๐™ค ๐™™๐™–๐™ฃ ๐™‹๐™ง๐™š๐™จ๐™ž๐™™๐™š๐™ฃ ๐™…๐™ค๐™ ๐™ค๐™ฌ๐™ž ๐™จ๐™š๐™ข๐™–๐™ ๐™ž๐™ฃ ๐™–๐™ ๐™ง๐™–๐™—.

Ini juga membentuk pikiran publik bahwa dukungan Jokowi mengarah ke Prabowo di Pilpres 2024.

Ini masa di mana Jokowi masih populer. Ibarat pepatah menyatakan, jika kita dekat dengan bau harum, kita akan ikut harum.โ€

Data survei juga memperlihatkan pergeseran pemilih yang puas terhadap Jokowi dari Ganjar ke Prabowo.

Januari dan Maret 2023, Ganjar unggul di pemilih yang puas terhadap Jokowi. Namun di Juni dan Juli 2023, Prabowo unggul di pemilih yang puas terhadap Jokowi.

๐™‡๐™–๐™ฃ๐™œ๐™ ๐™–๐™ ๐™˜๐™–๐™ฃ๐™ฉ๐™ž๐™  ๐™ ๐™š๐™™๐™ช๐™–: ๐™จ๐™ค๐™จ๐™ž๐™–๐™ก๐™ž๐™จ๐™–๐™จ๐™ž ๐™‹๐™ง๐™–๐™—๐™ค๐™ฌ๐™ค ๐™จ๐™ค๐™–๐™ก ๐™ ๐™ค๐™ข๐™ž๐™ฉ๐™ข๐™š๐™ฃ๐™ฃ๐™ฎ๐™– ๐™ช๐™ฃ๐™ฉ๐™ช๐™  ๐™ข๐™š๐™ฃ๐™œ๐™–๐™ฃ๐™œ๐™ ๐™–๐™ฉ ๐™ ๐™š๐™จ๐™š๐™Ÿ๐™–๐™๐™ฉ๐™š๐™ง๐™–๐™–๐™ฃ ๐™ง๐™–๐™ ๐™ฎ๐™–๐™ฉ.

Dalam banyak kesempatan Prabowo menyebutkan lima program ekonomi rakyat yang akan ia perjuangkan. Selain itu, para relawannya ikut menyebarkan billboard Prabowo: โ€œTegas, Sejahterakan Rakyatโ€ di banyak kabupaten.

Isu yang diangkat Prabowo juga sesuai dengan harapan publik. Lima Program Ekonomi Rakyat: terjangkau hingga gratis, untuk pendidikan, biaya kesehatan, perumahan, sembako, dan biaya pinjaman dana usaha disukai publik sebanyak 83.5%. Ada juga yang tidak menyukai program ini, tetapi angkanya sangat kecil di angka 1.1% saja.

Prabowo sudah sejak lama dikenal dengan kampanye menjadikan Indonesia Macan Asia. Identifikasinya dengan ekonomi rakyat sudah terbentuk lama sejak pemilu presiden 2014 dan 2019.