oleh

LSI Denny JA September 2023, Pasangan Capres dan Anies yang Menurun

Bagaimana dukungan dari sisi kepuasan terhadap presiden dan pandangan terhadap agama dan politik?

Publik yang puas dengan kinerja presiden Jokowi (76.3%), dukungannya paling banyak ke Prabowo.

Prabowo di segmen ini mendapatkan dukungan sebesar 42.2%. Terpaut tipis dengan Prabowo, adalah Ganjar. Ganjar di segmen ini mendapatkan dukungan sebesar 41.8%. Dukungan terhadap Anies dari segmen yang puas terhadap kinerja presiden Jokowi ada di angka 9.8%.

Publik yang tidak puas dengan kinerja presiden Jokowi (23.3%), dukungannya paling banyak ke Prabowo. Di segmen ini Prabowo mendapatkan dukungan sebesar 32.6%. Terpaut tipis dengan Prabowo adalah Anies. Anies di segmen ini mendapatkan dukungan sebesar 30.0%. Dukungan terhadap Ganjar dari segmen yang kurang/tidak puas terhadap kinerja Jokowi berada di angka 25.9%.

Prabowo unggul di publik yang puas maupun yang tidak puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Di publik yang puas dengan kinerja Presiden Jokowi, Prabowo bersaing ketat dengan Ganjar (selisih 0.4%). Di publik yang tidak puas dengan kinerja presiden Jokowi, Prabowo bersaing dengan Anies (selisih 2.6%).

Sangat terasa di data survei. Memang Prabowo dan Ganjar Pranowo berebut pemilih yang puas dengan Jokowi.

Bagi publik yang menilai agama dan politik jangan disatukan, pilihan capresnya paling banyak ke Ganjar. Di segmen ini Ganjar mendapatkan dukungan sebesar 46.2%. Dukungan terhadap Prabowo sebesar 36.4%. Dukungan terhadap Anies sebesar 11.8%.

Bagi publik yang menilai agama dan politik adalah satu kesatuan, pilihan capresnya paling banyak ke Prabowo. Di segmen ini Prabowo mendapatkan dukungan sebesar 43.6%. Ganjar mendapatkan dukungan sebesar 34.3%. Anies mendapatkan dukungan sebesar 17.6%.

Elektabilitas tiga pasang pasang capres-cawapres

Pasangan capres dan cawapres menjadi lebih ramai dengan masuknya nama Khofifah dan Mahfud MD. LSI Denny JA sendiri sejak bulan Mei 2023 selalu menyertakan nama dua tokoh ini dalam simulasi pasangan.

Namun simulasi Khofifah dan Mahfud MD tidak dipublikasi karena saat itu nama mereka sebagai cawapres belum bersinar seperti sekarang.

baca juga : Denny JA: Memulai Polemik Soal Kinerja Capres, Kemiskinan di Jateng dan Peluang Ganjar

LSI Denny JA melakukan beberapa simulasi pasangan capres.

Jika Prabowo berpasangan dengan Erick Thohir, Ganjar Pranowo berpasangan dengan Sandiaga Uno, dan Anies Baswedan berpasangan dengan Muhaimin Iskandar, bagaimana hasilnya?

Prabowo – Erick berada di posisi teratas dengan dukungan sebesar 39.3%. Posisi kedua adalah Ganjar – Sandi dengan dukungan 36.9%. Posisi ketiga adalah Anies – Muhamimin dengan dukungan sebesar 13.6%.

Prabowo – Erick unggul atas Ganjar – Sandi sebesar 2.4%. Unggul atas Anies – Muhaimin sebesar 25.7%.

Jika Prabowo berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka, Ganjar Pranowo berpasangan dengan Sandiaga Uno, dan Anies Baswedan berpasangan dengan Muhaimin Iskandar, pasangan mana yang unggul?

Prabowo – Gibran berada di posisi teratas dengan dukungan sebesar 38.5%. Posisi kedua adalah Ganjar – Sandi dengan dukungan sebesar 35.6%. Posisi ketiga adalah Anies – Muhaimin dengan dukungan sebesar 14.1%

Prabowo – Gibran unggul atas Ganjar – Sandi sebesar 2.9%. Unggul atas Anies – Muhaimin sebesar 24.4%

Jika Prabowo berpasangan dengan Airlangga Hartarto, Ganjar Pranowo berpasangan dengan Sandiaga Uno, dan Anies Baswedan berpasangan dengan Muhaimin Iskandar, pasangan mana yang unggul?

Prabowo – Airlangga berada di posisi teratas dengan dukungan sebesar 38.8%. Posisi kedua adalah Ganjar – Sandi dengan dukungan sebesar 35.1%. Posisi ketiga adalah Anies – Muhaimin dengan dukungan sebesar 13.9%

Prabowo – Airlangga unggul atas Ganjar – Sandi sebesar 3.7%. Unggul atas Anies – Muhaimin sebesar 24.9%.

Bagaimana Jika Prabowo menggandeng Khofifah dan Ganjar menggandeng Mahfud MD?

Prabowo – Khofifah berada di posisi teratas dengan dukungan sebesar 38.4%. Posisi kedua adalah Ganjar – Sandi dengan dukungan 35.3%. Posisi ketiga adalah Anies – Muhaimin sebesar 14.0%.

Prabowo – Khofifah berada di posisi teratas dengan dukungan sebesar 38.7%. Posisi kedua Ganjar – Mahfud dengan dukungan 35.8%. Posisi ketiga adalah Anies – Muhaimin sebesar 14.4%.