oleh

Pelantikan Perangkat Desa Kecamatan Cendana, Bupati Enrekang Banjir Pujian dari Kades

ENREKANG, koranmakassarnews.com — Sebanyak 70 perangkat desa se-Kecamatan Cendana dilantik dan diambil sumpahnya oleh Kades masing-masing. Pelantikan digelar di Alun-alun Kabere, Jumat 16 Juni 2023.

Pelantikan dihadiri Bupati Enrekang Muslimin Bando, Wakil Bupati Asman, Camat Cendana Baharuddin, beserta forkopimcam Cendana.

Dalam sambutannya, Camat Baharuddin menegaskan pelantikan ini adalah momen sakral, dimana sumpah yang diucapkan menjadi pegangan untuk memajukan desa masing-masing.

Camat juga menguraikan anggaran yang telah digelontorkan oleh Bupati, khusus di Kecamatan Cendana mencapai Rp40 miliar dalam 2 tahun terakhir ini. Mulai dari Alun-alun senilai Rp 3 Miliar, jalan Kabere – Pudete 5 miliar, jalan Pudete – Lebang Rp 4 miliar, jalan dan irigasi di Kunyi – Padang Malua Rp3 miliar, jalan Baba – Bakka Rp4 miliar dan lainnya.

“Alhamdulillah warga desa benar-benar berterima kasih. Distribusi pertanian dan mobilitas warga semakin meningkat” kata Camat.

baca juga : Bupati MB Hadiri Gelar Karya Program P5 Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Enrekang

Belum terhitung anggaran infrastruktur yang turun dari Provinsi dan pusat berkat upaya Muslimin Bando dan Asman. Seperti poros Pinrang-Enrekang di Mallaga senilai Rp28 miliar dan poros nasional Sidrap-Toraja yang melintasi Cendana senilai Rp250 miliar.

Kades Taulan Muhammad Arsun turut memuji perhatian Bupati untuk desa-desa. Bahkan ia memastikan seluruh lorong di Desa Taulan sudah di-cor atau diaspal.

“Tidak ada lagi lorong di Desa Taulan yang kaki kita menyentuh tanah. Semua sudah di-cor,” kata Kades Taulan.

Wabup Asman mengajak para Kades dan perangkatnya, bekerjasama membangun desa. Wabup mencontohkan keharmonisannya dengan Bupati, yang patut diteladani.

baca juga : Pemkab Enrekang Berdayakan Seluruh Kelompok Masyarakat Percepat Penurunan Stunting

“forum perangkat desa harus bekerja sama dengan kades, dan aktif berkomunikasi dengan Camat. Bersama kita pasti bisa mewujudkan Enrekang Emas religius berkelanjutan,” tegas Asman.

Bupati menegaskan komitmennya memperhatikan pembangunan di Kecamatan Cendana lebih maju lagi. Ia kembali menyiapkan anggaran untuk memperbaiki sejumlah fasilitas di Alun-alun Kabere.

Secara khusus MB juga berpesan, agar perangkat desa mengajak warga mengaktifkan lahan tidur yang masih cukup luas di Cendana. Ketua Golkar ini mengatakan sejumlah daerah di Kalimantan dan Sulawesi Tenggara siap membeli hasil tani dari Enrekang.

Pada acara pelantikan tersebut, dihibur oleh penampilan tari tradisional dari Sanggar seni Lamasora, dan selawat badar dari anak-anak.(*)