oleh

Melalui PKN, Puang Anto Siap Bertarung Perebutkan Kursi di Dapil Sulsel II

MAKASSAR, koranmakassarnews.com — Nama lengkapnya Dr. H. Iriyanto Baso Ence,S.H.,M.H. Akrab disapa Puang Anto. Dari gelar yang tersemat di namanya, bisa ditebak kalau ia memiliki latar belakang ilmu hukum. Tercatat sudah 30 tahun lebih dirinya mempraktikkan ilmunya di dunia peradilan sebagai seorang advokat. Bersentuhan langsung dengan para pencari kebenaran dan keadilan hukum.

Namun, sejauh ini ia mengaku belum bisa menyampaikan dan menyalurkan ilmu pengetahuannya di bidang hukum melalui sebuah lembaga, misalnya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Padahal dirinya memahami dan mengetahui, salah satu tugas lembaga legislatif adalah terkait legislasi, yakni membuat peraturan perundang-undangan.

”Ada sebuah keinginan dalam diri saya untuk menerapkan ilmu hukum itu melalui lembaga yang ada di Indonesia. Saya pahami dan tahu persis bahwa Indonesia ini adalah negara hukum, bukan negara kekuasan. Hukumlah yang menjadi landasan filosofis, landasan yuridis, landasan konstitusi untuk dijalankan di tengah masyarakat, bernegara, serta berbangsa,” ujar Puang Anto yang diwawancarai untuk siniar kanal Youtube Berita Kota Makassar.

Atas dasar itulah, jebolan S3 Hukum Tata Negara Universitas Padjajaran ini kemudian memilih untuk terjun ke dunia politik. Ia maju menjadi calon anggota legislatif (caleg) DPR RI di daerah pemilihan (dapil) dua Sulawesi Selatan melalui Partai Kebangkitan Nusantara atau PKN. Terdapat sembilan kabupaten di dapil ini, yakni Bulukumba, Sinjai, Bone, Wajo, Soppeng, Parepare, Barru, Pangkep, dan Maros.

Caleg nomor urut satu ini pun telah aktif turun melakukan sosialisasi di tengah masyarakat. Selain sebagai ajang silaturahmi, kunjungan tersebut bertujuan untuk mendengarkan apa yang menjadi aspirasi masyarakat.

”Ternyata apa yang disampaikan masyarakat berbeda-beda di setiap daerah. Mungkin karena budayanya, keinginan serta kebutuhan dan keluhannya juga berbeda. Namun, apa yang mereka sampaikan itu kita dengar semuanya dan menjadi hal yang harus diperjuangkan, karena itu hak konstitusi mereka. Tidak ada pilihan lain kecuali harus diperjuangkan,” tandas Puang Anto.

Ia punya alasan kenapa ini harus diperjuangkan. Menurutnya, masyarakat berhak mendapatkan kesejahteraan sosial, kecerdasan dan keadilan konstitusional. Dengan begitu, mereka akan merasakan sebuah perubahan. Termasuk pada aspek ekonomi, pertanian, kesehatan dan bidang lainnya.

”Bila memang menjadi kehendak Yang Maha Kuasa dan apa yang menjadi harapan saya dikabulkan, hak-hak masyarakat akan saya perjuangkan,” tegasnya.

baca juga : Caleg Golkar Enrekang Ini Siap Wujudkan Desa yang Kuat Sebagai Pondasi Kokoh

Diakuinya, secara realitas sebuah perhelatan pesta demokrasi memang dinamika dan tantangannya sangat berat. Sementara dirinya sangat menginginkan pemilu berlangsung demokratis, jujur, dan bebas. Untuk itu, ketika bertemu dengan masyarakat, ia selalu menyampaikan untuk memilih pemimpin yang amanah dan jujur berdasarkan hati nurani.

”Faktanya saya mendengar dan melihat ada di antara masyarakat kita yang memang mengharapkan sesuatu. Namun saya menekankan dan mengajak mereka, mari mengantar pemilu ini berlangsung demokratis dengan memilih calon anggota dewan dengan cara bukan membeli suara. Hindari politik transaksional,” tandas Puang Anto.