oleh

LSI Denny JA: Ormas Islam, Partai Islam dan Pilihan Capres

Bagian 2: Distribusi Ormas Islam

Dilihat dari sisi pendidikan, yang merasa bagian dari NU paling banyak berasal dari pendidikan tamat SD/sederajat kebawah (41.2%). Merasa bagian dari Muhammadiyah paling banyak berasal dari pendidikan tamat SMA sederajat (30.0%).

Ormas Islam lainnya paling banyak berasal dari pendidikan tamat SD/sederajat kebawah (52.4%)

Dari sisi ekonomi, paling banyak berasal dari pendapatan dibawah 2jt/bulan untuk semua ormas Islam.

Bagian dari NU dari pendapatan dibawah 2jt/bulan sebesar 48%. Bagian dari Muhammadiyah sebesar 42.5%. Bagian dari ormas Islam lainnya sebesar 57.1%.

Dari sisi teritori, yang merasa bagian dari NU terkonsentrasi di Jawa. yang merasa bagian dari NU berasal dari Jawa sebesar 77.9%. Untuk Muhammadiyah terkonsentrasi di Jawa di Sumatera. Yang merasa bagian dari Muhammadiyah yang berasal dari Jawa sebesar 60%, yang berasal dari Sumatera sebesar 35%.

Dilihat dari sisi laki-laki dan perempuan, yang merasa bagian dari NU lebih banyak laki-laki dibanding perempuan. Laki-laki sebesar 51.3%, perempuan sebesar 48.7%.

Di Muhammadiyah, imbang antara laki-laki dan perempuan. Di laki-laki sebesar 50%, begitupun di perempuan sebesar 50%.

Bagaimana pandangan ormas Islam dengan kepuasan terhadap kinerja pemerintah dan pilihan capresnya?

Di semua ormas Islam, mayoritas puas dengan kinerja pemerintah. Bagian yang merasa NU yang puas dengan pemerintah sebesar 78.4%.

Bagian yang merasa Muhammdiyah yang puas dengan kinerja pemerintah sebesar 57.5%. Ormas lain yang puas dengan kinerja pemerintah sebesar 61.9%.

NU paling tinggi tingkat kepuasannya terhadap kinerja pemerintah.

Bagian yang merasa NU, pilihan capresnya Prabowo bersaing ketat dengan Ganjar, Prabowo unggul sangat tipis. Sebesar 36.2% memilih Prabowo. Sebesar 35.5% memilih Ganjar. Sebesar 17.9% memilih Anies.

baca juga : Denny JA: Mengapa di Akhir Kekuasaannya, Jokowi Justru Sangat Populer?

Di Muhammadiyah, Anies yang unggul. Anies meraih dukungan sebesar 45.2%, Ganjar berada di urutan kedua sebesar 33.0%, dan Prabowo sebesar 20.8%.

Di ormas Islam lainnya, Prabowo unggul dengan dukungan sebesar 29.8%, kemudian Anies sebesar 19.9%, dan Ganjar 14.5%.

Bagaimana jika dalam skema head to head?

Head to head Prabowo dan Ganjar, menempatkan Prabowo unggul di semua ormas Islam. Di bagian yang merasa NU, Prabowo unggul diangka 47.7%, Ganjar 46.5%.

Di NU, Prabowo vs Ganjar, secara angka unggul, secara statistik, bersaing ketat. Di Muhammadiyah, keunggulan Prabowo lebih telak. Prabowo mendapat 55.7%, Ganjar mendapat 41.4%. ada selisih 14.3%. Di Ormas Islam lainnya Prabowo juga unggul dengan elektablitas diangka 53.2%, Ganjar sebesar 20.6%.