oleh

LSI Denny JA: Ormas Islam, Partai Islam dan Pilihan Capres

Sekarang bagaimana dengan penggunaan handphone, medsos, sampai tolerasi  agama?

Di semua ormas Islam, mayoritas merupakan pengguna handphone. Bagian yang merasa NU yang menggunakan handphone sebesar 76.9%. Kalangan Muhammdiyah sebesar 90%. Kalangan ormas lainnya sebesar 66.7%.

Untuk akses internet, kalangan NU dan Muhammadiyah mayoritas mengakses internet. Kalangan NU yang mengakses internet sebesar 65%. Kalangan Muhammadiyah yang mengakses internet sebesar 85%. Ormas Islam lainnya yang mengakses internet sebesar 47.6%.

Mayoritas baik kalangan NU maupun Muhammadiyah mempunyai akun media sosial.

Di kalangan NU yang mempunyai aku media sosial (apapun media sosialnya) sebesar 64.6%. Dikalangan Muhammadiyah angkanya lebih tinggi lagi yang mempunyai akun sebesar 82.5%.

Untuk medsos yang paling banyak dimiliki  adalah Whatsapp (WA) baik itu kalangan NU maupun kalangan Muhammadiyah. Kalangan NU yang memiliki WA sebesar 65.8%. Kalangan Muhammadiyah yang memiliki WA sebesar 85.0%.

Dalam hal toleransi agama, mayoritas ormas Islam menilai toleransi agama dalam posisi yang baik. Kalangan NU menilai toleransi dalam posisi yang baik sebesar 71.4%. Kalangan Muhammadiyah menilai toleransi dalam posisi yang baik sebesar 50.0%.

Bagian 3: Partai Nasionalis dan Islam

Survei LSI Denny JA per-Agustus 2023, memperlihatkan raihan total partai nasional mencapai 60.5%. ini merupakan gabungan elektabilitas dari partai nasionalis yang terdiri dari PDIP (23.2%), Gerindra (15.7%), Golkar (12.7%), Nasdem (5.6%), dan Demokrat (3.3%).

baca juga : Bagaimana Cara Mengatasi Keadaan Jika Hanya Ada Satu Pasangan Capres Cawapres Dalam Pilpres 2024

Pilihan capres dari pemilih partai nasionalis (60.5%), bersaing ketat antara Prabowo dan Ganjar. Elektabilitas Prabowo sebesar 42.3%. Elektabilitas Ganjar sebesar 42.0%. Elektabilitas Anies sebesar 15.1%. Terdapat persaingan sangat ketat selisih 0.3% antara Prabowo dan Ganjar.

Bagaimana skema head to head di pemilih partai nasionalis?

Head to head Prabowo versus Ganjar, menempatkan keunggulan telak Prabowo atas Ganjar. Prabowo meraih elektabilitas sebesar 52.5%, Ganjar sebesar 46.9%. Prabowo unggul 5.6% atas Ganjar.

Head to head Prabowo versus Anies, menempatkan keunggulan lebih telak Prabowo atas Anies. Prabowo meraih 60.2%. Anies meraih dukungan sebesar 21.7%. Prabowo unggul 38.5% atas Anies.

Head to head Ganjar versus Anies, menempatkan keunggulan telak Ganjar atas Anies. Ganjar meraih dukungan sebesar 54.2%. Anies mendapatkan dukungan sebesar 28.1%. Ganjar unggul 26.1% atas Anies.