oleh

Gibran, Generasi Milenial dan Pertarungan Cawapres 2024

koranmakassarnews.com — Akankah Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden RI yang pertama dari generasi milenial?

Generasi milenial dan generasi Z segera menjadi mayoritas jumlah pemilih di Indonesia. Pada waktunya, lahir pemimpin nasional dari generasi ini.

Generasi milenial adalah untuk mereka yang lahir setelah tahun 1981. Kini usia mereka 42 tahun ke bawah.

Sedangkan generasi Z itu bagi warga yang lahir setelah tahun 2012. Usia mereka 21 tahun ke bawah. Untuk kepentingan pemilu, yang disertakan dalam riset ini hanya mereka yang sudah punya hak memilih โ€“ 17 tahun ke atas.

Di tahun 2023, generasi milenial ditambah generasi Z yang sudah punya hak pilih, jumlah mereka sudah sangat signifikan:๐Ÿฐ๐Ÿณ.๐Ÿณ ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ๐˜€๐—ฒ๐—ป !

Di antara semua nama cawapres yang beredar, Gibran Rakabuming Raka satu satunya wakil dari generasi milenial. Di tahun ini juga, tingkat pengenalan dan kesukaan Gibran sudah sangat tinggi.

Per data Juli 2023, jika Gibran menjadi cawapres Prabowo, pasangan ini sudah melampaui pasangan Ganjar Pranowo – Sandiaga Uno dan Anies Baswedan – Agus Harimurti.

Tapi memang, data bulan Juli 2023, siapapun cawapres Prabowo Subianto di antara Gibran Rakabuming Raka, Erick Thohir, Airlangga Hartarto dan Muhaimin Iskandar, elektabilitas pasangan ini masih berada di atas pasangan lain.

Demikian salah satu temuan penting dari rilis riset LSI Denny JA kali. LSI Denny JA melakukan survei tatap muka (๐˜ง๐˜ข๐˜ค๐˜ฆ-๐˜ต๐˜ฐ-๐˜ง๐˜ข๐˜ค๐˜ฆ ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ท๐˜ช๐˜ฆ๐˜ธ) dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia. Dengan 1.200 responden, ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ณ๐˜จ๐˜ช๐˜ฏ ๐˜ฐ๐˜ง ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ณ survei ini sebesar 2.9%. Survei dilakukan pada tanggal 3 – 15 Juli 2023.

Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif, seperti analisis media, ๐˜ช๐˜ฏ-๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ต๐˜ฉ ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ท๐˜ช๐˜ฆ๐˜ธ, ๐˜ฆ๐˜น๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ต ๐˜ซ๐˜ถ๐˜ฅ๐˜จ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ต, dan ๐˜ง๐˜ฐ๐˜ค๐˜ถ๐˜ด ๐˜จ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ถ๐˜ฑ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ด๐˜ค๐˜ถ๐˜ด๐˜ด๐˜ช๐˜ฐ๐˜ฏ.

๐—•๐—ฎ๐—ด๐—ถ๐—ฎ๐—ป ๐Ÿญ: ๐—–๐—ฎ๐—ฝ๐—ฟ๐—ฒ๐˜€
๐—ฆ๐—ถ๐—บ๐˜‚๐—น๐—ฎ๐˜€๐—ถ ๐—ง๐—ถ๐—ด๐—ฎ ๐—–๐—ฎ๐—ฝ๐—ฟ๐—ฒ๐˜€

Jika pemilu presiden hari ini, siapakah yang akan dipilih di antara Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan?

Prabowo masih memperoleh dukungan tertinggi, dengan elektabilitas sebesar 38.2%. Di urutan kedua Ganjar Pranowo dengan elektabilitas sebesar 35.3%. Di urutan ketiga Anies Baswedan dengan elektabilitas sebesar 18.4%. Sebesar 8.1% menyatakan belum memutuskan, rahasia, tidak tahu atau tidak menjawab.

Dari tracking survei tahun 2023 bulan Januari, Mei, Juni, Juli bisa terlihat tren elektabilitas tiga capres.

Elektabilitas ๐™‹๐™ง๐™–๐™—๐™ค๐™ฌ๐™ค ๐™ข๐™š๐™ฃ๐™–๐™ฃ๐™Ÿ๐™–๐™ . ๐™‚๐™–๐™ฃ๐™Ÿ๐™–๐™ง ๐™ฉ๐™ช๐™ง๐™ช๐™ฃ ๐™ฃ๐™–๐™ž๐™ . ๐˜ผ๐™ฃ๐™ž๐™š๐™จ ๐™จ๐™ฉ๐™–๐™œ๐™ฃ๐™–๐™ฃ, ๐™—๐™–๐™๐™ ๐™–๐™ฃ ๐™˜๐™š๐™ฃ๐™™๐™š๐™ง๐™ช๐™ฃ๐™œ ๐™ฉ๐™ช๐™ง๐™ช๐™ฃ.

Bulan Januari 2023, elektabilitas Prabowo 25.4.5%.
Bulan Mei naik menjadi 33.9%.
Bulan Juni naik kembali menjadi 34.3%, dan bulan Juli juga naik menjadi 38.2%.

Elektabilitas Ganjar pada bulan Januari 2023 sebesar 37.8%.
Bulan Mei turun menjadi 31.9%.
Bulan Juni berhasil rebound menjadi 32.7%.
Bulan Juli naik menjadi 35.3%.
Data menunjukan meskipun mampu rebound, elektabilitas Ganjar per Juli 2023 belum bisa melampaui angka dukungan di Januari 2023.

Bagaimana dengan Anies? Elektabilitas Anies pada bulan Januari 2023 sebesar 22.1%.
Bulan Mei turun menjadi 20.8%. Bulan Juni naik menjadi 22.1%.
Per Juli, elektabilitas Anies sebesar 18.4%.
Elektabilitas Anies per Juli 2023, masih lebih kecil dibanding dengan elektabilitas di Januari di tahun yang sama.