oleh

Gibran, Generasi Milenial dan Pertarungan Cawapres 2024

๐—•๐—ฎ๐—ด๐—ถ๐—ฎ๐—ป ๐Ÿฐ
๐—ž๐—ฒ๐—ธ๐˜‚๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ป ๐—š๐—ถ๐—ฏ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ถ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐—ฑ๐—ถ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—–๐—ฎ๐˜„๐—ฎ๐—ฝ๐—ฟ๐—ฒ๐˜€ ๐—ฃ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฏ๐—ผ๐˜„๐—ผ ๐—Ÿ๐—ฎ๐—ถ๐—ป๐—ป๐˜†๐—ฎ: ๐—˜๐—ฟ๐—ถ๐—ฐ๐—ธ, ๐—”๐—ถ๐—ฟ๐—น๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ด๐—ฎ, ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐— ๐˜‚๐—ต๐—ฎ๐—ถ๐—บ๐—ถ๐—ป

Popularitas Gibran paling tinggi dibandingkan Erick, Airlangga dan Muhaimin. Popularitas Gibran sebesar 66.5%. Popularitas Erick sebesar 61.8%. Popularitas Airlangga sebesar 52.3%. Popularitas Muhaimin Iskandar sebesar 43.1%

Dari sisi kesukaan, kesukaan terhadap Gibran paling tinggi dibandingkan terhadap Erick, Muhaimin dan Airlangga.
Kesukaan terhadap Gibran sebesar 82.6%.
Kesukaan terhadap Erick sebesar 77.1%.
Kesukaan terhadap Muhaimin Iskandar sebesar 62%.
Kesukaan terhadap Airlangga sebesar 57.5%.

Popularitas Gibran di Jawa Tengah paling tinggi dibandingkan Erick, Airlangga, dan Muhaimin. Di Jawa Tengah, kesukaan pada Gibran juga lebih tinggi dibandingkan kesukaan pada Erick, Muhaimin dan Airlangga.

Popularitas Gibran paling tinggi di generasi millenial (usia 22- 42 tahun). Kesukaan terhadap Gibran juga paling tinggi di generasi Z (usia 17-21 tahun).

Asosiasi Gibran dengan Presiden Jokowi tentu menjadi sebuah keunggulan tersendiri. Terlebih tingkat kepuasan terhadap Presiden Jokowi di angka yang sangat baik sebesar 80%.

Data detail mengenai distribusi di aneka segmen pemilih di atas, dapat dilihat dari makalah yang disertakan di lampiran.

Saat ini, usia Gibran 35 tahun. Ia lahir pada tanggal 1 Oktober 1987. Undang-Undang No 7 tahun 2017 pasal 169 huruf q, mensyaratkan usia capres maupun cawapres harus 40 tahun ke atas. Ini hambatan Gibran untuk menjadi cawapres Prabowo. Tapi UU ini sedang di gugat di MK.

Jika UU itu mengubah batas usia minimal capres dan cawapres menjadi 35 tahun, maka Gibran secara hukum potensial menjadi satu satunya cawapres dari generasi milenial.

Berikut merupakan keunggulan komparatif utama aneka cawapres Prabowo, dari Gibran hingga Muhaimin.

Keunggulan Gibran Rakabuming Raka adalah, ia lebih dikenal dan lebih disukai. Ia juga kuat di Jawa Tengah sebagai basis utama Ganjar, kokoh di generasi Z dan Millenial, dan terasosiasi kuat dengan ayahnya: Presiden Jokowi yang saat ini sangat populer.

Keunggulan komparatif Airlangga Hartarto adalah kompetensinya soal isu ekonomi yang kini sangat penting. Airlangga juga ketua umum partai terbesar kedua: Golkar.

Keunggulan komparatif Erick Thohir adalah kompetensinya di dunia usaha selaku entrepreneur. Erick juga memiliki sumber dana yang kokoh.

Keunggulan Komparatif Muhaimin Iskandar adalah Ketua Umum partai berbasis Islam terbesar: PKB. Ia juga terasosiasi dengan NU dan provinsi Jawa Timur.

Per Juli 2023, siapapun cawapres Prabowo di antara Gibran, Erick Thohir, Airlangga Hartarto dan Muhaimin Iskandar, elektabilitas pasangan ini masih di atas pasangan lain.