oleh

Gibran, Generasi Milenial dan Pertarungan Cawapres 2024

๐—•๐—ฎ๐—ด๐—ถ๐—ฎ๐—ป ๐Ÿฏ
๐——๐—ถ๐˜€๐˜๐—ฟ๐—ถ๐—ฏ๐˜‚๐˜€๐—ถ ๐—ฆ๐—ถ๐—บ๐˜‚๐—น๐—ฎ๐˜€๐—ถ ๐—ง๐—ถ๐—ด๐—ฎ ๐—ฃ๐—ฎ๐˜€๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—–๐—ฎ๐—ฝ๐—ฟ๐—ฒ๐˜€ โ€“ ๐—–๐—ฎ๐˜„๐—ฎ๐—ฝ๐—ฟ๐—ฒ๐˜€

Di bawah ini, kita simulasikan jika yang bertarung tiga pasang: Prabowo – Gibran, Ganjar – Sandi, dan Anies – AHY. Bagaimana menang dan kalah pasangan ini di antara segmen pemilih.

Dilihat dari segmen pendidikan, publik dengan pendidikan SD, SMP, dan SMA paling banyak memilih Prabowo – Gibran. Untuk tingkat SD, misalnya, pemilih Prabowo – Gibran: 42.7 persen. Sedangkan yang memilih Ganjar – Sandi 31.9 persen, Anies – AHY 14.0 persen.

Sedangkan pemilih dengan pendidikan D3 keatas paling banyak memilih Ganjar โ€“ Sandi, yakni: 33.9 persen. Yang memilih Prabowo – Gibran: 29.0 persen. Yang memilih Anies – AHY: 24.2 persen.

Dari sisi ekonomi (pendapatan), masyarakat dengan pendapatan Rp 2 juta/bulan kebawah paling banyak memilih Prabowo โ€“ Gibran. Mereka dipilih oleh 42.3 persen. Ganjar- Sandi: 28.6 persen. Anies- AHY: 14.9 persen.

Tapi masyarakat dengan pendapatan Rp 2 juta/bulan ke atas paling banyak memilih Ganjar โ€“ Sandi: 37. 8 persen. Yang memilih Prabowo – Gibran 35.0 persen. Anies- AHY: 14.9 persen.

Dari sisi pemeluk agama, Prabowo โ€“ Gibran unggul di pemilih Islam. Mereka dipilih oleh 39.7 persen. Sedangkan Ganjar – Sandi: 31.0 persen. Anies – AHY: 17.7 persen.

Sebaliknya, di kalangan pemilih non-Islam unggul Ganjar โ€“ Sandi: 50.0 persen. Prabowo- Gibran 31.1 persen. Anies- AHY: 17.7 persen.

Kalangan minoritas menjadi titik lemah Prabowo – Gibran. Di segmen ini, mereka kalah telak dari Ganjar – Sandi dengan selisih 18.9 persen.

Bagaimana distribusi dukungan di lima provinsi terbesar?

Di Jawa Barat dan Banten, Prabowo โ€“ Gibran unggul.
Di Jawa Tengah dan Sumatera Utara Ganjar โ€“ Sandi unggul.
Di Jawa Timur Ganjar โ€“ Sandi unggul tipis (1.5%) dari Prabowo โ€“ Gibran.

Dari sisi pulau, di luar Jawa (Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Bali-NTB-NTT, Maluku โ€“ Papua) keunggulan milik Prabowo โ€“ Gibran.
Di Jawa keunggulan milik Ganjar โ€“ Sandi.
Dari lima pulau, Prabowo โ€“ Gibran unggul di empat pulau, Ganjar โ€“ Sandi unggul di satu pulau.

Dari segmen pemilih partai, Prabowo โ€“ Gibran unggul di pemilih Gerindra, Golkar, PKB, Demokrat, PAN, dan PPP.
Ganjar โ€“ Sandi unggul di pemilih PDIP.
Anies โ€“ AHY unggul di pemilih Nasdem dan PKS.

Dari sisi gender, Prabowo โ€“ Gibran unggul baik di pemilih laki-laki maupun di pemilih perempuan.

Data mengenai elektabilitas di aneka segmen itu dapat dilihat di tabel yang disertakan dalam pengantar ini.