oleh

Gibran, Generasi Milenial dan Pertarungan Cawapres 2024

-000-

Satu-satunya penghambat Gibran Rakangbumi Raka untuk menjadi cawapres hanyalah ketentuan undang – undang soal batas umur. Jika Mahkamah Konstitusi mengabulkan tuntutan mengubah batas minimal usia ke 35 tahun untuk Capres dan Cawapres, maka matahari baru bersinar untuk Gibran.

Empat kekuatan utama Gibran jika UU meloloskannya.

𝗣𝗲𝗿𝘁𝗮𝗺𝗮, ia satu – satunya wakil dari generasi milenial dalam pertarungan pilpres Indonesia tahun 2024. Kini generasi millenial dan generasi Z (yang punya hak pilih), jumlahnya 47.7 persen!

𝗞𝗲𝗱𝘂𝗮, Gibran juga paling terasosiasi dengan Jokowi yang approval ratingnya (tingkat kepuasan publik) sangat tinggi yakni 80 persen. Gibran yang paling terkena “Jokowi Effect”. Ini tak hanya menguntungkan Gibran, tapi juga menguntungkan Prabowo.

𝗞𝗲𝘁𝗶𝗴𝗮, Gibran berasal dari Jawa Tengah. Ini wilayah kemenangan Ganjar Pranowo yang terbesar. Justru di situlah Gibran akan memecah suara Ganjar, yang kini menjadi saingan terdekat Prabowo.

Keempat, Prabowo kini didukung oleh tiga partai parlemen. Masing- masing memiliki cawapresnya sendiri. Golkar memajukan Airlangga Hartarto. PAN mendahulukan Erick Thohir. PKB untuk Muhaimin Iskandar.

Dengan tampilnya Gibran, ia bisa menjadi tokoh kompromi. Cawapres tidak dipilih dari partai pendukung, tapi dari luar. Ini point kuat Gibran berikutnya.

Tapi bukankah Gibran dari PDIP? Tidakkah ini menyalahi etika politik? Jawabnya sederhana: kesetiaan pada panggilan tugas negara lebih tinggi nilainya dibandingkan kesetiaan pada partai politik.

Bukankah Sandiaga Uno melakukan hal yang sama? Dari Gerindra kini Sandiaga Uno pindah ke PPP, melawan capres dari partai Gerindra, yang dulu juga partainya sendiri.

Pendaftaran Pilpres akan terjadi pada tanggal 19 Oktober 2023 – 25 November 2023. Tersedia tiga bulan waktu tersisa sejak saat ini untuk menjawab pertanyaan itu: apakah Gibran satu satunya wakil dari generasi milenial yang sah menjadi cawapres di 2024, atau tidak sama sekali.
*

Data detail tentang isu di atas dapat dilihat dari link ini:

https://drive.google.com/file/d/1k1eBhqH1Y2DvbqDhjTK12JGGJdmoyuVl/view?usp=drivesdk