oleh

Zikir, Enerji Batin dan Religiusitas Denny JA

Di Dunia Politik, Sastra, Lukisan, Bisnis dan Spiritualitas – Oleh Ramadhani Akrom

koranmakassarnews.com (I) Siapakah yang tidak kenal dengan Denny Januar Ali atau lebih populer dengan pangglan Denny JA, Apa yang menjadi menjadi sumber energi batin Denny JA sehingga dia bisa menjalankan peranan yang begitu beragam dan menuai kisah sukses dalam semua peranan itu?

Dia tidak hanya konsultan politik yang baru saja mendapatkan “The Legend Award” karena ikut memenangkan Pilpres lima kali berturut-turut. Tidak hanya itu, dia juga aktif di dunia sastra, selaku penggagas Puisi Esai. Kini komunitas genre puisi itu merambah hingga ke negara-negara ASEAN.

Setiap tahun dengan biaya dari kerajaan di sana diselenggarakan Festival Puisi Esai ASEAN. Denny juga tercatat sebagai sastrawan Indonesia yang kedua setelah Pramudya Ananta Toer yang dicalonkan sebagai penerima Hadiah Nobel Sastra.

Saat ini Denny juga mempopulerkan seni lukis Artificual Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini dia sudah melukis sekitar 300 lukisan AI yang dituangkannya di dalam empat buku. Lukisan ini juga merupakan genre baru dalam dunia melukis.

Dalam dunia usaha, dia juga dikenal sebagai pebisnis yang gigih. Usahanya melebar dari konsultan politik, properti, food dan beverage hingga tambang dan trading cooking oil. Asetnya sudah tumbuh di atas Rp 1 Triliun. Ini tentunya mengagumlan untuk seorang yang memulai kiprahnya dari seorang aktivis politik di ruang seminar dan diskusi yang serius.

baca juga : Denny JA: Sebagian Peran Ulama, Pendeta dan Biksu Akan Digantikan Oleh Artificial Intelligence

Dan, ini tidak banyak yang tahu, Denny berkembang sebagai pemikir agama Pasca Nurcholish Madjid (Cak Nur) yang membawa corak baru dalam pendekatan studi keagamaan. Dia juga memimpin komunitas Esoterika yang mewadai para aktivis lntas iman.

Dia yang mempopulerkan frasa: Agama Sebagai Warisan Kultural Milik Kita Bersama. Komunitas ini secara bersama-sama merayakan hari raya aneka agama seperti Islam, Kristen-Katolik, Bahai, Konghucu hingga Brama Kumaris.

Pendeknya, dalam diri Denny JA tersimpan kreativitas multi dimensi, multi talenta. Timbul dari mana sumber energi batinnya dalam menjalan peranan dan aktivitas sosial yang beragam itu?