oleh

Zikir, Enerji Batin dan Religiusitas Denny JA

(II)

Yang publik tahu, nama Denny JA sudah sangat terkenal dalam dunia politik Indonesia. Dia tidak menerjunkan diri di kancah politik praktis, melainkan menekunkan diri sebagai seorang peneliti yang sekaligus konsultan politik. Dia mengkhususkan diri pada survei pemenangan kontentan yang maju bertarung dalam pemilihan, baik pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur, bupati dan walikota atau pemilihan Presiden. Harus diakui dia seorang peneliti ulung.

Hampir sebagian besar surveinya di Pilkada tepat. Yang mengagumkan, dia ikut terlibat dalam lima survei Pemilihan Presiden secara langsung di era Reformasi sejak 2004.

Hebatnya, semua calon Presiden yang disebut akan menang ternyata berjaya. Termasuk survei Pilpres 2024, dia menyatakan Pasangan Prabowo-Gibran menang ternyata sekarang terkonfirmasi menang dalam Quick Count, yang nampaknya, pada saat tulisan ini dibuat, tinggal menunggu pengesahan dari KPU.

Lewat lembaga survei dan konsultan politik yang dipimpinnya yaitu Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dia berhasil menjadikan dirinya sebagai orang yang berpengaruh dalam politik Indonesia.

Setiap perhelatan pemilihan politik langsung Denny dan LSI selalu menjadi salah satu rujukan. Tidak heran kalau dia sudah meraih ketenaran nama dan kemapanan finansial dalam kiprahnya sebagai salah seorang tokoh nasional yang bergerak di bidang survei politik.

Barangkali karena kemapanan itu dia tidak lagi melulu membahas survei. Dia merambah ke banyak bidang lain. Dia adalah penggagas dan pendiri komunitas Puisi Esai, puisi yang membahas suatu topik secara panjang lebar, mendalam dan intensif.

Genre Puisi yang memadukan keindahan bahasa dan kelenturan intonasi dengan gaya ilmiah karena menuntut adalah catatan kaki dan daftar pustaka. Beberapa tahun lalu, Puisi Esai ini sempat menjadi kontroversi. Beberapa orang sastrawan menolak dan mengeritisi.

Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, kritik itu melemah dengan sendirinya. Komunitas itu tetap berjalan, malah semakin intens karena makin banyak pegiatnya dan tentu saja makin banyak puisi berbentuk esai yang dibuat.

Kegiatan lain peraih gelar doktor ilmu politik dari Ohio State University itu adalah menjadi ketua umum Satupena yang menghimpun dan mewadahi para penulis buku. Ada lebih dari 1.000 orang dari 38 provinsi yang menjadi anggotanya.

baca juga : Ayah, Ibu dan Dua Adikku Melompat Dari Gedung Tinggi, Bunuh Diri

Tujuan dari Satupena adalah memberikan wadah dan kesempatan bagi para penulis yang mempunyai bakat, kesenangan dan kemauan untuk menekuni dunia narasi dan ide yang dituang ke dalam sebuah buku.

Tujuan yang lain, di samping untuk mewadai para penulis agar lebih mudah menuangkan idenya juga untuk memberikan kelapangan ekonomi; suatu hal yang merupakan harapan seluruh penulis, terutama yang belum mapan.

Sejauh yang saya amati, Denny mengaktualisasikan dirinya melalui pikiran dan gagasan yang segar dan orisinil. Orang boleh saja tidak suka atau mengecam alumni Fakultas Hukum UI itu –dan itu sama banyaknya dengan yang senang kepadanya– tetapi sebagian besar mengagumi apa yang sudah diraih dan dihasilkannya. Harus dikatakan, Denny merupakan seorang tipe ideal (ideal type) tentang seorang yang berjuang dari bawah melawan situasi kekurangan secara ekonomi kemudian menjadi seorang yang mapan dan terkenal.

Tidak hanya itu, banyak teman semasa muda dan menderita sekarang mendapatkan manfaat ekonomi melalui sikap filantropisnya.